Sunday, November 25, 2018

[FIX] Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Buka Foto & Video


Instagram adalah jejaring sosial berbasis media yang cukup digemari warganet di Indonesia. Sosial media yang dimiliki oleh Facebook Inc ini bisa diakses diberbagai macam perangkat, baik itu desktop lewat website maupun smartphone lewat mobile Apps-nya.

Apapun ceritanya, kebanyakan pengguna Instagram pasti lebih sering mengakses instagram lewat Mobile Appsnya. Namun demikian ternyata kadang-kadang beberapa pengguna smartphone mengalami masalah yang menjengkelkan ketika hendak mengakses aplikasi Instagram.

Salah satu masalah tersebut adalah aplikasi Instagram tidak bisa menampilkan foto atau memainkan video yang ada di stories maupun postingan status yang ada didalamnya. Problem ini sendiri penyebabnya bisa bermacam-macam dan oleh karenanya solusinya pun bermacam pula.

Berikut ini adalah penyebab foto atau video tidak muncul di Aplikasi Instagram beserta cara mengatasinya step by step.

Koneksi Internet
Konten-konten yang ada di Instagram biasanya berbasis media foto atau video berkualitas tinggi. Oleh karenanya, untuk menampilkan media tersebut diperlukan akses internet yang lancar.

Pastikan jaringan provider yang kamu gunakan memiliki kualitas jaringan yang baik serta tidak dalam masalah. Jika untuk aktivitas macam download, upload atau streaming di Youtube lancar, tapi ketika buka Instagram foto atau video tidak mau dibuka, itu berarti masalahnya bukan pada koneksi internetmu, mungkin salah satu penyebab berikut ini

Server Down
Instagram adalah layanan sosial media yang dimiliki oleh perusahaan besar, yaitu Facebook Inc. Untuk perusahaan sebesar Facebook seharusnya masalah server down, maintenance, error dsb biasanya sangatlah jarang terjadi. Dan kalau pun kejadian, itu gak berlangsung selama lebih dari 24 jam.

Jadi, jika kamu mengalami kendala dimana Aplikasi Instagram tidak bisa memutar foto atau video meskipun telah di pencet berkali-kali, pastikan bahwa itu bukan hanya kamu yang mengalaminya. Jika beberapa teman terdekatmu mengalami hal yang sama dan itu terjadi tiba-tiba, kemungkinan masalah ada di server Instagram itu sendiri. Jadi seharusnya, kamu tidak perlu khawatir. Namun, kalau cuma kamu sendirian yang mengalaminya, berarti masalahnya bukan pada server tapi sesuatu yang lain.

Cache Aplikasi Penuh (Paling True Story)
Cache adalah sekumpulan file tersembunyi yang ada di dalam Aplikasi Instagram. File cache ini isinya adalah himpunan foto atau video apa-apa saja yang pernah kamu buka serta tonton sebelumnya di Instagram. 

Jadi, setelah kamu main-main di Aplikasi Instagram, biasanya apa-apa yang kamu tengok itu masih tersimpan dalam Aplikasi dan ini artinya kamu masih bisa buka beberapa postingan atau stories yang sudah pernah kamu buka meski tanpa terhubung ke Internet.

Tapi masalahnya bila semakin banyak tertimbun, file cache ini akan memenuhi serta memberatkan smartphone kamu. Dan bahkan, juga akan menimbulkan masalah seperti yang kamu alami saat ini, yaitu "foto atau video postingan yang ada di Aplikasi jadi tidak bisa dibuka".

Nah untuk mengatasinya sih gak sulit-sulit amat. Kamu hanya perlu menghapus file tersebut, baik itu dengan aplikasi Cleaner atau secara manual seperti berikut ini.

NB: Setiap Smartphone Android berbeda merek biasanya beda tampilan antarmuka, tapi isinya gak jauh beda. Jadi, saya rasa kamu bisa menyesuaikan langkah-langkah berikut dengan smartphone yang kamu miliki.
  • Buka Setelan
  • Pilih Aplikasi Terinstal

  • Cari dan Pilih Instagram

  • Hapus Data > Pilih Bersihkan Cache


  • #Pastikan untuk berikan ruang kosong agar Aplikasi Instagram bisa lega ketika buka foto atau video.
    #Jangan pilih Hapus semua data jika tidak ingin capek-capek login ke akun Instagram-mu, apalagi kalau kamu selama ini lupa passwordnya.

    Aplikasi Instagram Bermasalah
    Jika kamu sudah mencoba semua cara diatas, tapi masih belum juga berhasil mungkin penyebabnya ada apa Aplikasi Instagram itu sendiri. Bisa jadi aplikasinya itu nge-bug, error atau karena memang sudah terlalu lawas. Solusi satu satunya kamu hanya perlu menghapus Aplikasi tersebut kemudian download ulang di Play Store, agar mendapatkan versi teranyar-nya.
    Disqus Comments