Sunday, September 2, 2018

Penjelasan Tank, Marksman, Mage, Assassin, Fighter dan Support di Mobile Legends


Di Mobile Legends tersedia banyak sekali jenis hero. Dari banyaknya hero yang ada, masing masing memiliki skill dan keunikan yang berbeda-beda. Ada hero yang jago kalau main jarak dekat, ada pula yang jago jarak jauh. Ada yang memiliki durabilitas fisik yang kuat, bahkan banyak juga yang lemah.


Oleh karena itu, setiap hero di Mobile Legends itu tidaklah sama. Masing-masing memiliki spesialis dan peran tersendiri dalam suatu permainan. Karena itulah mengapa dalam Mobile Legends dikenal dengan beberapa istilah seperti Tank, Marksman, Mage, Assassin, Fighter hingga Support.

Semua istilah tadi sebenarnya adalah klasifikasi dari peran (role). Secara sederhana, peran (role) disini artinya suatu pembagian hero-hero yang ada di Mobile Legends berdasarkan seluruh keunikan yang ada padanya.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai role-role yang ada di Mobile Legends.

Tank
Tank adalah salah satu role hero yang bertugas sebagai pelindung/tameng dan selalu berada di garis depan ketika terjadi peperangan. Karena fungsinya itu, hero dengan role ini diwajibkan untuk menggunakan item-item defense (pertahanan) sehingga memiliki darah dan ketahanan fisik tinggi terhadap serangan lawan baik yang berupa serangan Physical maupun Magic. Selain itu, pengguna hero ini diharuskan untuk memiliki jiwa berani mati demi tim.

Karena perannya yang cuma melindungi teman tim, hero jenis ini biasanya kurang diminati oleh pengguna lantaran jarang melakukan kill terhadap musuh. Mereka berpikir kalau memakai hero Tank hanya bakal mengenakkan Teman satu tim, padahal menggunakan hero Tank juga tidak buruk bahkan bisa dapat MVP dari banyaknya jumlah Assist (membantu kill).

Penggunaan hero Tank sebenarnya adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Apalagi jika kamu bermain di Rank Epic ke atas, maka setiap tim paling tidak harus memiliki 1 hero Tank.

Marksman
Marksman atau sering disingkat MM adalah role hero jarak jauh yang lebih mengandalkan serangan Basic Attack ketimbang skill, dan serangannya itu bersifat Physical. Di Mobile Legends sendiri, banyak sekali pemain yang saling berebutan untuk mengisi role Marksman, sebab selain karena mudah digunakan. Hero jenis ini akan sangat mematikan, apabila Buildnya sudah jadi.

Tapi meskipun jago dalam serangan jarak jauh, hero yang berperan sebagai Marksman ini sangat rentan mati oleh serangan jarak dekat hero lawan. Hal ini dikarenakan sudah menjadi ketentuan dimana Hero yang jarak serangnya jarak jauh, maka darah dan durabilitasnya dibikin lembek.

Oleh sebab itu, pengguna Marksman harus bermain ekstra hati-hati serta pandai jaga jarak kalau gak ingin jadi beban dalam tim. Dan ketika terjadi peperangan, posisi paling ideal bagi Marksman adalah di belakang seluruh rekan Tim terutama Tank.

Mage
Mage adalah role hero jarak jauh yang lebih mengandalkan serangan Skill daripada Basic Attack, dan serangannya itu bertipe Magic. Melalui kombinasi keseluruhan skillnya, hero jenis ini memiliki damage yang lumayan sakit pas awal permainan.

Sama seperti Marksman, hero yang memiliki jarak serang jauh ini juga sangat anti kalau diserang lewat jarak dekat. Sebab, hero Mage juga hanya dibekali darah serta durabilitas yang tipis, walaupun tidak setipis Marksman secara umum.

Assassin
Assassin adalah role hero jarak menengah yang lebih mengandalkan serangan Skill daripada Basic Attack dan tipe serangannya itu ada dua jenis yaitu Physical dan Magic. Hero dengan role Assassin ini biasanya dibekali dengan kombinasi skill skill yang membuatnya jadi lincah serta mematikan dan sedikit susah untuk dikejar.

Kendati demikian, Hero Assassin umumnya dibekali dengan darah dan durabilitas yang sedang dan tidak terlalu tebal. Sehingga secara teori hero Assassin terasa lembek buat hero jarak dekat seperti Fighter.

Fighter
Fighter adalah role hero jarak dekat yang mengandalkan gabungan dari Skill dan Basic Attack. Hero ini meskipun secara umum tidak memiliki kelincahan, namun ia dibekali dengan darah dan tingkat durabilitas yang tinggi.

Hal demikian disebabkan karena model bertarung hero ini mengharuskan untuk mendekati lawan sehingga setidaknya mampu bertahan dari beberapa serangan jarak jauh yang dilancarkan hero lawan.

Support
Support adalah role hero yang memiliki skill khusus yang dirancang untuk membantu teman setim, baik itu dalam hal menyerang lawan ataupun menyelamatkan teman. Adapun bentuk skill khusus hero support bisa berupa membantu mengisi darah teman, buff coin, merasuki teman, menarik teman ke tempat aman, menghilangkan efek serangan lawan dan lain sebagainya.

Dari penjelasan diatas, setidaknya kamu sudah paham mengenai fungsi suatu hero dari label role-nya. Tapi sebelum tulisan ini berakhir, kamu juga harus tahu bahwa 1 hero bisa memiliki 2 role yang berbeda alias blasteran.

Hal demikian dikarenakan skill serta keunikan yang dimiliki hero tersebut relevan dengan kedua role yang melekat padanya. Jadi, kamu hanya tinggal pilih mau memaksimalkan role yang mana, kalau kebetulan sedang memakai hero blasteran.
Disqus Comments