Sunday, October 28, 2018

Ketahui Besar Arus yang Masuk ketika Ngecas HP Android



Aktivitas mengecas smartphone adalah hal lumrah yang dilakukan setiap hari. Selama proses pengisian itu, smartphone biasanya memerlukan durasi tertentu untuk mengisi baterainya hingga penuh kembali, tergantung dari kapasitas, sisa baterai sebelumnya serta teknologi pengecasannya.

Untuk saat ini, smartphone-smartphone kelas menengah apalagi kelas atas biasanya sudah dibekali dengan teknologi pengecasan cepat (Fast Charging). Yaitu sebuah teknologi dimana proses pengisian baterai hingga penuh dapat berlangsung secara singkat dengan membesarkan arus listrik yang masuk.

Tentu saja arus listrik yang masuk ketika pengecasan smartphone berlangsung itu berbeda-beda untuk tiap smartphone. Karena seperti yang kita ketahui bahwa smartphone yang tersedia dipasaran memiliki teknologi pengecasan yang tidak sama. Ada yang menggunakan teknologi fast charging (Versi A,B,C), bahkan banyak pula yang tidak sama sekali.

Kebervariasian itu secara otomatis membuat jumlah arus yang masuk berbeda-beda untuk tiap smartphone. Nah, buat yang penasaran mengenai seberapa besar arus yang masuk ketika smartphonenya lagi di cas, maka bisa mengetahuinya lewat informasi berikut:

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya mengetahui jumlah arus ampere yang masuk ketika smartphone lagi dicas bukanlah hal yang sulit. Tidak perlu berbagai macam jenis peralatan elektro, cukup dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga kamu sudah bisa mengetahui berapa ampere yang masuk ketika baterai Hp mu lagi dalam pengecasan.

Aplikasi pihak ketiga yang dimaksud ialah bukan aplikasi bawaan dari HP itu sendiri, melainkan aplikasi yang bisa disediakan oleh pihak ketiga dan itu tersedia secara gratis di Play Store.

Logo Aplikasi AIDA64
Nama aplikasinya adalah AIDA64, merupakan sebuah aplikasi Hardware Monitoring yang dikembangkan oleh FinalWire Ltd. Aplikasi Android ini memiliki kemampuan untuk memonitoring dan memberikan informasi mengenai jenis perangkat keras yang tertanam smartphone kamu, salah satunya adalah baterai.


Melalui aplikasi ini kamu bisa mengetahui berbagai macam informasi mengenai baterai yang dipakai smartphone kamu, entah itu tentang sumber daya yang dipakai, level, status, kesehatan, teknologi, suhu, tegangan, kapasitas baterai hingga charge rate (Arus Ampere yang masuk).


Nah, melalui menu Charge Rate itulah kamu bisa mengetahui seberapa besar arus listrik yang masuk ketika smartphone lagi di cas. Adapun arus yang masuk nantinya bakal ditampilkan dalam satuan mA (mili Ampere).


Namun, ketika smartphone tidak sedang di cas, maka tampilan "Charge Rate" bakal berubah menjadi "Discharge Rate", yang berarti jumlah arus listrik yang keluar atau terpakai lewat baterai dan ini juga ditampilkan dalam satuan mA (mili Ampere).

Intinya, aplikasi AIDA64 ini selain bisa digunakan untuk menengok jumlah arus yang masuk ketika smartphone lagi di cas tetapi juga bisa melihat jumlah arus yang keluar/terpakai dari baterai smartphone.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk mengetahui jumlah arus ampere listrik yang masuk ketika hp Android lagi dicas. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat buat kamu dan orang terdekatmu.
Disqus Comments