Thursday, November 1, 2018

HOAX Tentang Update MIUI 10 Stabil Mid Oktober


Sebelum pertengahan bulan Oktober 2018, santer terdengar kabar bahwa Xiaomi bakal memberikan update MIUI 10 pada perangkat-perangkat tertentu besutan mereka di pertengahan Oktober 2018. Beredarnya informasi tentang update tersebut ternyata tidak semuanya benar. Ya, ternyata ada beberapa disinformasi yang terjadi terkait update MIUI 10 Stabil ini.


Hal demikian disebabkan oleh salah satu situs berita terbesar di India, ndtv.com membuat sebuah artikel tentang update MIUI 10 yang isinya tidak 100% benar. Itu bisa dilihat pada artikel mereka yang terbit pada 25 September 2018 dengan judul "Xiaomi Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 4 MIUI 10 Global Stable ROM Rollout Set for Mid-October".*

Dari judulnya, dapat simpulkan beberapa hal seperti berikut: Xiaomi Redmi 6, Redmi 6A yang katanya dijadwalkan bakal rilis pada per pertengahan bulan Oktober ternyata tidak sesuai dengan faktanya, yang dirilis akhir september atau beberapa hari setelah artikel ndtv.com tersebut diterbitkan.

Selain itu, perangkat Redmi Note 4 dalam judul artikel tersebut juga dikabarkan bakal menerima update MIUI 10 pada pertengahan oktober, namun lagi-lagi kenyataannya tidak demikian. Realitanya, perangkat Xiaomi yang terkenal dengan keawetan baterainya itu, tidak mendapat update MIUI 10 sama sekali pada pertengahan oktober, padahal saat artikel ini ditulis waktu sudah berada di akhir oktober.

Sekarang, buat kalian yang termasuk sebagai user Xiaomi Redmi Note 4, sebaiknya jangan terlalu berharap untuk menunggu MIUI 10 pada bulan Oktober ini. Sebab, Xiaomi hanya akan merilis MIUI 10 pada perangkat tersebut pada pertengahan bulan November 2018 nanti.

MIUI 10 sendiri adalah Android kostomisasi teranyar dari seluruh versi MIUI yang pernah dibuat Xiaomi. MIUI 10 ini sendiri keberadaannya sangat dinanti-nanti oleh banyak orang, khususnya pengguna smartphone Xiaomi. Gak mengherankan memang, MIUI 10 ini memang santer akan membawa banyak fitur baru yang cukup menarik.

Dibandingkan MIUI versi sebelumnya, pembaruan pada MIUI 10 ini bisa dibilang cukup signifikan dengan banyaknya fitur yang dibawa seperti: Mode AI Portrait (perangkat tertentu), optimalisasi kecepatan, AI Voice Assistant (untuk China), tampilan baru pada Recent Apps & bar status, sistem suara alami yang baru dan lainnya.

*Meskipun demikian, namun bukan berarti situs ndtv.com adalah situs hoax. Mungkin saja, pihak mereka ada yang keliru dalam penulisan atau lupa melakukan update artikel dari sumber yang dikutip sehingga terjadi kesalahpahaman seperti ini. Terlebih Mi Community yang dijadikan rujukan Ndtv.com memberikan catatan bahwa tanggal "rilis pembaruan di atas merupakan perkiraan dan dapat berubah karena beberapa alasan". Untuk itu, semoga hal ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Source :
https://gadgets.ndtv.com/mobiles/news/miui-10-redmi-note-4-4x-6-6a-update-rollout-mid-october-1921841
http://c.mi.com/thread-1592047-1-0.html
Disqus Comments