Monday, July 25, 2016

Profil Perusahaan PT Combiphar


Combiphar adalah sebuah perusahaan produsen obat­obatan yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1971 dan hingga sekarang ia telah memproduksi berikut memasarkan 200 merek obat­obatan resep dan bebas, yang salah satunya adalah obat batuk hitam OBH Combi dan Prive.
Logo Via Twitter
Combiphar tidak hanya memproduksi obat-obatan yang bersifat kuratif (menyembuhkan/mengobati), tetapi juga berfokus terhadap pengembangan obat-obatan kesehatan preventif (mencegah). Markas besar alias kantor pusat perusahaan Combiphar ada di Jakarta. Sementara pabrik yang memproduksi obat-obatan-nya berada di Padalarang, Jawa Barat.

Visi
Menjadi perusahaan terkemuka di bidang perawatan kesehatan yang menyentuh kehidupan konsumen melalui peningkatan kesehatan individu dan komunitas.

Misi
Mengupayakan tingkat kualitas kesehatan konsumen yang lebih baik melalui produk dan layanan berkualitas serta terjangkau dengan mempromosikan gaya hidup sehat.

Sejarah Berdirinya Perusahaan Combiphar

Perusahaan Combiphar pertama kali didirikan pada tahun 1971 yang berawal dari industri rumahan di Bandung. Industri rumahan ini awalnya memproduksi obat-obat antibiotika, analgesika dan obat batuk hitam legendaris. Seiring berjalannya waktu, industri rumahan Combiphar kian membesar, sampai pada tahun 1983, Combiphar pun membangun pabrik besar di Padalarang.

Pada tahun 1985, dua tokoh penting yang berperan dalam perkembangan dunia farmasi di Indonesia, DR. Biantoro Wanandi, Doctor of Natural Sciences dari Swiss Federal Institute of Technology di Zurich Switzerland yang pernah menjabat sebagai Chief, Drug Policies and Management Unit di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Hamadi Widjaja, yang merupakan lulusan asal INSEAD Fontainebleau di Perancis, mulai mengawali era baru di Perusahaan Combiphar.

Combiphar mempunyai satu visi besar, untuk memberikan akses lebih baik kepada masyarakat terhadap produk obat-obatan berkualitas. Melalui kejayaaannya sekarang ini, Combiphar terus melakukan perkembangan dengan berbagai langkah strategis guna meraih peluang. Bahkan, dikala Indonesia mengalami masalah keuangan, pada masa itu pula lah Combiphar mengembangkan OBH Combi hingga terkenal di seluruh Indonesia.

Di bawah naungan Anugerah Group, Combiphar merangkai kerjasama dengan perusahaan-perusahaan farmasi ternama yang ada 19 negara di dunia lewat kerjasama lisensi dan JV (joint-venture). Dengan kerjasama ini, perusahaan Combiphar secara rutin menjalankan audit quality control yang dimodali pelatihan ilmu terbaru dari para mitra berkaliber internasional, sehingga bisa lebih memperkuat tiang fondasi untuk selalu mendahulukan kualitas tinggi.

Pabrik Combiphar

Pabrik Combiphar ada di daerah Padalarang, Jawa Barat dengan luas gedung 15 ribu m2. Dengan bangunan seluas itu, pabrik ini mampu memproduksi sediaan solid seperti tablet, serbuk, kapsul, drysyrup, kemudian sediaan semisolid mencakup cream, ointment suppositoria, dan sediaan liquid yaitu sirup.

Pabrik ini telah memiliki sertifikat c-GMP (Good Manufacturing Parctices) dari badan PON serta sertifikat dari TGA (Theurapeutic Goods Administration) dari Australia di kategori listed therapeutic goods untuk sediaan solid (tablet dan kapsul) dan sediaan semisolid.

Sertifikasi yang diserahkan oleh Australian Government Department of Health & Ageing atau badan pengawasan obat-obatan di bawah kementrian kesehatan Australia tersebut telah membuka pintu bagi Combiphar untuk mengekspor produk-produk yang telah diberi sertifikasi TGA ini ke negara Australia.

Pada Mei 2015, salah satu dari fasilitas produksi/pabrik Combiphar yang ada di Padalarang mendapatkan pengakuan dan sertifikasi internasional ISO 14001 di bidang sistem pengelolaan lingkungan (Environmental Management System) melalui badan sertifikasi SGS, dimana proses ini telah diluncurkan sejak bulan Agustus 2014 dan melalui tahapan audit di bulan Maret 2015 yang hasilnya menyatakan bahwa pabrik PT Combiphar memenuhi syarat internasional dalam penerapan ISO 1 4001 tersebut.

Hal ini tentu saja menunjukkan komitmen dari seluruh manajemen Combiphar untuk memproduksi produk yang tidak hanya memenuhi standar kualitas internasional tetapi juga di bagian produksi yang telah memenuhi standar internasional di bidang lingkungan.

Sertfikasi ISO 14001 yang diperoleh ini pun melengkapi deretan penghargaan atau sertifikasi lainnya diraih Combiphar.

Penghargaan & Pengakuan Yang di Raih Combiphar
Selama lebih dari 45 tahun berdiri, Combiphar telah menorehkan pelbagai penghargaan, pengakuan, sertifikasi atas usaha yang mereka lakukan selama ini.

2010
- Top Brand Award 2010 - OBH Combi Dewasa
- Top Brand Award 2010 - OBH Combi Anak
- Superbrand Award 2010 - 2011 - OBH Combi
- Muri Record 2010 for Initiator and Organizer making of Indonesian map from the largest circuit of multi vitamin
2011
- Top Brand Award 2011 - OBH Combi Dewasa
- Top Brand Award 2011 - OBH Combi Anak
- Social Media Award 2011 - OBH Combi

2012
- Top Brand Award 201 2: OBH Combi Dewasa
- Top Brand Award 201 2: OBH Combi Anak
- Superbrand Award 201 2: OBH Combi
- Best Brand Award 201 2: OBH Combi Plus Anak (Swa Magazine)
- No.1 Mom' s Choice Brand Award: OBH Combi Anak (Woman Insight Center and Kartini Magazine)
- Brand Champion 201 2: OBH Combi (Markplus)
2013
- Top Brand Award 201 3 : OBH Combi Kid & OBH Combi Adult
- Best Brand Award 201 3 : OBH Combi (SWA)
- Superbrand Award 201 3 : OBH Combi
- Social Media Award 201 3 : OBH Combi, OBH Combi Plus
- No.1 Mom' s Choice Brand Award : OBH Combi Kid & OBH Combi Adult (Woman Insight Centre & Kartini)
- Brand Champion 201 3 : OBH Combi (Markplus)
- The Most Impactful Brand Activation Award 201 3 : Masker Campaign OBH Combi (Majalah Mix)
2014
- No.5 Rank "Indonesia Most Reputable Healthcare Brand (SWA Magazine & Onbee Research)
- Top Brand Award 201 4 : OBH Combi, OBH Combi Kid
- Superbrand dikeluarkan oleh Superbrand Indonesia berdasarkan AC Nielsen Research
- Top Brand dan Social Media Award dikeluarkan oleh Frontier dan Majalah Marketing
Penghargaan Pabrik

- Good Manufacturing Practices (GMP) Clearance Certificate from the Therapeutic Goods Administration (TGA) of Australia for listed therapeutic goods (Australian Government Department of Health & Ageing, January 17, 2013)
- Drug (Modern) GMP Certificates (The Ministry of Health Declaration No.2674/A/SK/PAB/IX/81, September 21,1981)
- Traditional Drug License (The Ministry of Health Declaration No.HK.00.06.5.3.316, May 19, 1997)
- Cosmetics Production Certificate (The Ministry of Health Declaration No.2005)

Certification & Licenses

2005
Grade A for local FDA industry mapping (Indonesia Food and Drug Administration, 2005)

2006
ISO 9001: 2000 (SGS, 2006)

2007-2008
Best Company in Environmental, Health and Safety West Bandung Area (2007 & 2008)

2010
National Award for Zero Accident (2010)

Referensi:
www.combiphar.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Combiphar

Disqus Comments