Mudik Pakai Mobil, Bawa 7 Benda Darurat Ini


Kini, sudah tak terasa bulan suci Ramadhan yang indah dan penuh berkah ini sudah mulai meninggalkan kita. Namun, di saat-saat bulan Ramadhan yang mulai habis, kita pun mulai disuguhkan dengan datangnya hari yang di mana umat Muslim bergembira dan bermaaf-maaf dengan sesama muslim yang lainnya. Hari itu adalah hari Raya Idul Fitri, pada hari raya ini memang adalah hari-hari yang paling menggembirakan apalagi jika kita saat itu bertemu atau berkunjung ke rumah keluarga kita yang jauh.

Jika kita mengingat kata “ berkunjung ke rumah keluarga ” di saat menjelang hari raya, Mungkin kita akan teringat dengan istilah Mudik yang sering sekali di beritakan di Tv.

Mudik memang bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, namun mudik bukan juga hal yang mudah dilakukan, terutama bagi pengendara mobil. Hal ini karena ada saja masalah yang selalu menimpa pengendara yang satu ini, masalah yang sering menimpa pemudik ini biasanya adalah mesin mogok, starter rusak dan sebagainya. Nah, untuk menghindari dan mengantisipasi hal itu ada baiknya anda tahu beberapa benda wajib yang sebaiknya wajib dibawa oleh pemudik yang menggunakan mobil berikut ini.

1. Air
Di saat mudik, kemungkinan kita akan dihadirnya dengan datangnya cuaca panas jadi jangan heran bila kita nantinya akan mudah merasa haus dan gerah. Namun, Air di sini bukanlah untuk di minum, karena saat mudik kita memang masih berada di bulan Ramadhan dan tentunya kita sebagai umat muslim pastinya wajib berpuasa bukan ?

Jadi, untuk apa air itu ? Air itu bisa anda gunakan untuk mengisi radiator atau bila  anda berada dalam keadaan darurat anda juga bisa menggunakannya untuk memadamkan api bila hal itu terjadi ? Tetapi alangkah baiknya anda juga menyiapkan tabung pemadam kebakaran khusus di mobil anda.

2. Senter
Senter di sini fungsinya bukanlah untuk menyinari jalan raya, akan tetapi fungsi senter di sini sebenarnya adalah untuk menyinari dan mengecek mesin mobil kita apabila mesin sedang mengalami kerusakan pada bagian mobil.
Senter selain untuk menyinari mesin mobil, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pemberi tanda kepada pengendara lain apabila kita sedang berhenti dan memperbaiki bagian bawah mobil.

3. Jerigen
Pada tengah perjalanan mudik tak jarang dari para pemudik khususnya bagi mereka yang menggunakan mobil kerap kali mengalami masalah bensin habis. Namun, bagi anda yang tak ingin mengalami hal ini, sebaiknya harus membawa jerigen di saat mudik.

Hal itu karena jerigen berfungsi untuk membeli bensin di pom bensin (SPBU) daripada Anda harus mendorong mobil ke SPBU, yang pastinya hal ini akan membuat kita lelah dan berkeringat.
Namun, di sini saya tidak menyarankan anda untuk membawa jerigen yang bensin karena nantinya dikhawatirkan apabila terjadi suatu percikkan api yang mengenai bensin di jerigen tersebut akan membuat api itu  menjadi membesar dan meledak.

4. Sediakan Kabel Jumper
Apabila di dalam perjalaan mudik, mobil kita mengalami kehabisan daya listrik dari baterai aki mobil, kita bisa menggunakan kabel Jumper ini untuk meminta bantuan listrik daripada aki mobil orang lain, dan pastinya anda juga harus meminta izin dahulu kepada pemilik mobilnya itu.

5. Bawalah Selimut
Bagi anda yang perjalanan mudiknya sangat panjang tentu butuh waktu berhari-hari untuk sampai ke tempat tujuan. Nah, di waktu malam tentu keluarga anda yang di dalam mobil akan merasa kedinginan terlebih jika anda sedang menjalankan mobil yang tentunya akan selalu ada angin luar yang masuk ke mobil. Nah, untuk mengantisipasi hal demikian, anda perlu menutup jendela dan yang paling penting adalah membawa selimut yang tentunya berguna untuk menghangatkan badan serta bisa melindungi diri dari gigitan nyamuk.

6. Ban Cadangan
Jika sewaktu-waktu ban mobil kita bocor, tentu hal ini akan sangat merepotkan dan menyusahkan ! apalagi jika di saat itu kita tak menemui tukang tempel ban mobil di daerah sekitar tersebut ?
Jika kita harus Menempel ban bocor itu sendiri pastinya akan membutuhkan tenaga lebih dan waktu yang lebih banyak ? belum lagi apakah ban tempelan itu aman dan baik digunakan ? Nah, untuk mengatasi hal itu dengan secara tepat dan cermat, maka sebelum mudik hendaknya kita memiliki dan membawa ban cadangan di mobil kita. Selain ban mobil, anda juga harus memiliki dan membawa peralatan-peralatan bengkel

7. P3K
P3K adalah alat utama dan yang paling penting untuk anda bawa, karena P3K sangat berguna untuk digunakan apabila kita mengalami keadaan darurat seperti dalam keadaan kecelakaan, luka gores akibat besi atau hal-hal yang menyebabkan luka lainnya.

1 komentar:

avatar

Info yang patut disebarluaskan, thx infonya :)

Click to comment