Ini Fakta-fakta Mengerikan Tentang Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer (sumber)
Penyakit merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi manusia. Dalam pembagiannya penyakit memiliki banyak sekali macamnya, mulai dari yang tergolong tak mematikan sampai pula pada penyakit yang mematikan.

Dari sekian banyaknya penyakit, mungkin tak banyak yang mengetahui penyakit Alzheimer. Hal ini sangat wajar karena nama penyakit ini sendiri sangat jarang sekali terdengar atau bahkan terucap oleh lidah orang Indonesia.

Namun begitu, yang pasti penyakit ini merupakan salah satu dari penyakit yang mematikan. Ini dikarenakan Alzheimer adalah penyakit yang menyerang kemampuan otak secara perlahan-lahan namun pasti, sehingga tak heran bila penyakit ini akan menyebabkan berbagai macam keluhan-keluhan serius yang bahkan sampai berakhir pada kematian.

(Baca Juga: 11 Gaya Modis Yang Justru Membahayakan Kesehatan)

Walau penyakit ini menyerang secara perlahan, akan tetapi sampai saat ini para Ilmuwan belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan penyakit ini menjadi sangat mematikan.

Tapi yang jelas, jika seseorang terkena penyakit ini, maka keadaan otak akan menjadi susut dalam waktu singkat, sehingga si penderita akan melupakan berbagai hal dan bahkan perilakunya pun bisa berubah bagaikan tingkah bayi, dengan kemampuan sel tubuh yang mulai lemas seperti orang yang lumpuh. Adapun penyakit mematikan ini, sebenarnya memiliki fakta-fakta di dalamnya, namun begitu ada baiknya anda perlu mengetahui beberapa gejala awal dari penyakit yang mematikan ini.

1.Hilangnya Ingatan
Di beberapa kasus, penderita alzheimer biasanya akan merasa kesusahan jika harus mengingat sesuatu yang baru. Dan bahkan jika ingatannya kembali normal, ia bisa saja mudah melupakan kejadian-kejadian atau waktu-waktu penting di semasa hidupnya.

2. Sulit berkomunikasi
Adakalanya si penderita Alzheimer, merasa sulit atau tak mampu berkomunikasi dengan benar. Dan jika hal ini telah berkembang cepat, penderita itu bisa saja akan sering lupa, tentang apa yang tengah ia perbincangkan dan juga bagaimana cara untuk menanggapi dari perkataan orang lain.

3. Sulit menyelesaikan suatu hal
Selain hilangnya ingatan, gejala lain yang timbul dari penyakit ini adalah si penderita merasa kesulitan jika harus mengingat nomor telepon. Bahkan jika harus memecahkan suatu perkara sepele, seperti menjawab pertanyaan mudah, biasanya penderita harus memerlukan waktu yang cukup lama.

(Baca Juga: Meskipun Sepele, Ternyata 20 hal ini Bisa Bahayakan Sperma)

4. Lupa tempat dan waktu
Sering merasa lupa atau bahkan sering bingung di mana diri berada ? jika itu benar, ada baiknya Anda mulai konsultasi ke dokter, Ini dikarenakan sering lupa tempat atau waktu merupakan salah satu gejala dari penyakit Alzheimer.

5. Demensia (pikun)
Selain sulit berkomunikasi, Demensia atau pikun juga termasuk dari gejala awal dari penyakit otak ini.

Adapun fakta-fakta mematikan mengenai penyakit Alzheimer adalah berikut ini :

- Dari seluruh orang yang ada di dunia, lebih dari setengahnya tak menahu atau menyadari jika mungkin saja mereka memiliki penyakit ini.

- Daripada kaum pria, ternyata kaum wanita lebih berisiko terkena penyakit Alzheimer. Dan bahkan hampir dari dua pertiga dari kaum wanita di Amerika mengidap penyakit ini.

- Alzheimer umumnya akan menyerang orang yang berusia di atas 30 tahun.

- Penyakit Alzheimer ternyata merupakan salah satu dari penyebab utama dari kematian di dunia, dan kebanyakan yang meninggal rupanya berasal dari usia sekitaran umur 65 tahun.

Meskipun terkenal cukup mematikan, ternyata penyakit ini bisa ditunda, akan tetapi tapi tetap saja kondisi itu tak dapat disembuhkan secara normal.

Terkait dengan Alzheimer, rupanya terdapat pula sebuah desa di Amsterdam yang ditinggali oleh orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer. Desa tersebut dijuluki dengan Demensia Village.

Click to comment