Unik, Hewan Ini Miliki Kelamin berkepala Empat



Ekidna images by mirror.co.uk
Ada banyak sekali hewan-hewan yang pernah menetap hidup di bumi ini. Beberapa dari hewan yang pernah hidup itu biasanya sering kita jumpai di sekitar kita. Namun, ada juga beberapa spesies hewan lain yang sudah jarang kita temui bahkan hampir terancam punah.

Di samping itu pula, ada juga beberapa di antara hewan tersebut memiliki keunikan tersendiri. Sebagai Salah satu di antara hewan unik tersebut adalah hewan yang satu ini, Bila kita lihat foto di atas mungkin kita menganggap hewan ini adalah landak ataupun trenggiling.

Namun, praduga anda itu salah karena hewan ini bukanlah salah satu dugaan yang anda maksud. Hewan ini sebenarnya adalah salah satu spesies yang dinamakan Ekidna. Walaupun hampir mirip dengan trenggiling akan tetapi Ekidna ini memiliki kesamaan dalam hal makanan yakni sama-sama memakan hewan kecil seperti semut dan rayap.

Ekidna sendiri merupakan salah satu spesies unik yang pernah di temukan di Papua Nugini. Spesies asli asal Papua Nugini ini, pernah disebut-sebut sebagai ‘hewan teraneh di dunia’. Keanehannya sebenarnya merupakan suatu hal yang unik dan sangat jarang ditemui pada hewan yang lain.

Kiri(lidah)|Kanan (Penis)
Keanehan sekaligus keunikannya ini sebenarnya terletak pada alat reproduksinya (penis) yang berkepala empat. Selain itu juga, hewan ini juga memiliki keunikan yang lain yang terletak pada moncongnya yang panjang dan memiliki duri-duri pada lidahnya.

Karena saking uniknya, para pakar ahli biologis pun terpukau dengan reproduksinya tersebut, pun terpukau karenanya. Menurut para ilmuwan spesies jantan (ekidna) ini menggunakan dua kepala penisnya tersebut untuk membuahi betina. Sementara dua penis lainnya juga bergantian menjalani proses yang pembuahan yang sama.

Meskipun begitu, Ekidna moncong panjang ternyata juga memiliki keunikan lainnya yakni ia mampu menghasilkan telur dan betinanya memiliki kantung sementara seperti hewan marsupial.

Tak sampai di situ saja, ternyata hewan unik ini juga mampu menggunakan moncongnya sebagai pendeteksi aliran listrik yang berfungsi untuk mencari dan mendeteksi makanan. Dan ekidna ini juga menggunakan duri tajam di lidahnya untuk menggiling makanannya

Bagaimana pendapat anda terhadap keberagaman dan keunikan hewan ini

Click to comment