Menyadadari Pentingnya Jantung dan Gaya Hidup Sehat

Sadari pentingnya Jantung
Sebagai organ tubuh yang amat penting bagi manusia, jantung bisa dibilang adalah benda yang amat berharga yang tak ternilai harganya. Walaupun harus diakui kalau jantung bisa didapat dari pendonor, baik itu secara gratis ataupun donasi, namun tetap saja benda berharga ini enggak mudah untuk ditemukan, meski kenyataan-nya bertebaran. Siapa sih yang pengin mati atau hidup sengsara dengan mendonorkan jantungnya ke orang lain?

Bisa dipastikan hampir tidak ada orang yang ingin jantungnya hilang atau mengalami masalah. Karena itulah, Anda pun harus menyadari bahwa kehidupan ini tak seperti kehidupan film yang ceritanya selalu saja menguntungkan korban yang sedang kritis, di mana ada saja orang "baik" yang bersedia mendonorkan jantungnya kepada orang lain bahkan yang tak ia kenal sama sekali. Di dunia nyata, hal itu boleh saja ada, tapi kan belum tentu?

Sebab ketidaktentuan itulah, mulai dari sekarang Anda harus menyadari betapa pentingnya peran jantung. Meskipun organ vital itu tak selalu kita ingat, namun ketahuilah kalau ia tak pernah lupa memompa aliran darah. Jika pun ia tidak bekerja dengan baik, mungkin itu disebabkan oleh suatu hal.

Dalam ilmu medis, penyebab berhentinya aliran darah ke jantung ialah karena adanya penyumbatan parsial aliran darah ke jantung sehingga membuat aliran darah jadi terganggu dan terjadilah serangan jantung. Masalah serangan jatung tentu tidak bisa disepelekan.

Dan bila ditanya mengenai seberapa ngeri serangan jantung? Hampir semua orang pasti mengatakan bahwa penyakit ini tergolong serius yang dapat berakibat fatal bahkan pada kematian. Sebab itulah, bukan hal yang mengherankan jika masalah serangan jantung menempati posisi ranking dua dalam hal sebab kematian masyarakat Indonesia, setelah cerebrovaskular (pecahnya pembuluh darah di bagian kepala).

Adapun sebab yang membuat jantung bermasalah ada banyak, mulai dari kebiasan merokok, obesitas (masalah berat badan berlebih), kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, kurang olahraga dan lainnya.

Memang sepertinya ada banyak sekali penyebab yang memicu penyakit serangan jantung. Alih-alih bikin waspada hal ini pun justru bikin pusing hingga akhirnya diabaikan oleh beberapa orang. Nah biar enggak ribet dan pusing, perlu Anda tahu kalau penyebab sebenarnya masalah jantung adalah lupa atau melupakan jantung. Ya, dengan melupakan jantung banyak orang yang seolah-olah tak peduli dengan keberadaan serta peran jantung bagi tubuh.

Hal ini pun bisa dilihat dari banyaknya kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat yang dilakukan banyak orang, misalnya adalah kebiasaan merokok, makan enak-enak dengan berlebihan ditambah sembarangan, malas melakukan aktivitas olahraga dan gaya atau pola hidup sehat lainnya.

Intinya sih, kebanyakan orang itu lupa dan kurang memahami apa pentingnya jantung. Kelupaan itu pun juga disebabkan oleh diri yang selalu merasa senang dan nyaman dengan gaya hidup tak sehat yang selama ia jalani hingga membuatnya tak acuh terhadap kesehatan diri sendiri khususnya jantung.

Sebenarnya kalau ingin jantung sehat itu mudah saja, yang susah paling-paling dalam hal menahan diri dari godaan untuk memulai gaya hidup sehat. Adapun tips-tips menjalani hidup sehat bisa disimak dalam uraian sederhana berikut agar jantung kita tetap sehat.

1. Memulai untuk mengadopsi pola makan sehat, misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat.
2. Meskipun sulit, kebiasaan merokok harus diberhentikan dan usahakan sebisa mungkin diri Anda terhindar dari asap rokok yang terkenal akan racun berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan khususnya jantung.
3. Kurangi diri dari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi semisal roti manis, nasi putih, pasta dan makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi.
4. Konsumsi juga buah-buahan sehat
5. Yang paling penting adalah konsisten menjalankan hal sebelumnya.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon