Saturday, April 30, 2016

Pengertian Server, Fungsi, Tugas, Jenis (Jaringan Pusat komputer)

Ilustrasi komputer server
Dalam ilmu komputer, sebuah server merupakan perangkat atau program komputer yang menyediakan fungsi untuk program atau perangkat lain yang disebut sebagai klien (client). Jadi, dapat dikatakan bahwa metode hubungan ini merupakan jenis model antara klien-Server.

Fungsi Server

Server memiliki fungsi untuk memberikan layanan (service) kepada klien. Misalnya adalah dengan berbagi data (data sharing), berbagi sumber daya (resource sharing), atau melakukan penghitungan untuk klien.

Tugas Server
Server tugasnya adalah untuk melayani satu atau beberapa klien. Klien adalah perangkat yang dipakai oleh penggunanya untuk meminta layanan dari server. Sebuah klien dapat meminta layanan dari beberapa server. Sebuah Klien dapat berjalan diperangkat server itu sendiri maupun di perangkat lain yang terhubung langsung dengan jaringan server.

Jenis-Jenis atau Macam-Macam Server
Server ada banyak sekali jenisnya. Semuanya memiliki nama dan kegunaan yang berbeda-beda untuk tiap-tiapnya.
  1. File server
  2. Mail server
  3. Print server
  4. Web server
  5. Game server
  6. Application server

Sistem Operasi Yang Digunakan Untuk Keperluan Server (Operating System Server)
Sistem operasi server adalah sistem operasi yang ditujukan khusus untuk keperluan administrasi jaringan server. Saat ini ada banyak contoh sistem operasi server. Masing-masing diprogram oleh pengembang yang berbeda dan memiliki perbedaan karakteristik pula. Sistem operasi server ada yang memiliki versi GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface).
  1. Windows Server
  2. Linux
  3. Debian
  4. OS X Server
  5. Dan banyak lagi yang lainnya.
Sistem client­server yang saat ini paling sering diterapkan oleh (dan sering diidentikkan dengan) permintaan­respon Model: klien mengirimkan permintaan ke server, yang melakukan beberapa tindakan dan mengirimkan respon balik ke klien, biasanya dengan hasil atau pengakuan . Menunjuk sebuah komputer sebagai "hardware server­ kelas" menyiratkan bahwa itu adalah khusus untuk menjalankan server di atasnya. Hal ini sering menyiratkan bahwa itu adalah lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan standar komputer pribadi, tetapi alternatif, besar cluster komputasi dapat terdiri dari banyak relatifsederhana, komponen server diganti.

0 komentar:

Post a Comment