10 Spesies Baru Yang Pernah Ditemukan, spesies Indonesia salah satunya


Perlu kita ketahui di hampir penghujung tahun 2015 ini, memang sudah banyak sekali hal-hal baru yang telah menggemparkan dunia. Salah satunya itu, kita sebut saja temuan spesies-spesies baru, yang mungkin di antaranya spesies berikut,  mungkin sangat jarang kita jumpai atau bahkan belum pernah kita temukan sebelumnya.

Namun demikian, dari temuan spesies baru berikut ini, mungkin barangkali ada yang pernah menemuinya di sekitar rumah atau di lingkungan terdekat lainnya. Namun sayangnya, Anda malah mengabaikannya begitu saja, padahal sebenarnya spesies tersebut belum pernah di diketahui dan tercatat oleh para ilmuwan.

Namun begitu, para ahli tetap menyatakan bahwa spesies-spesiesnya temuannya ini baru ditemukan pada tahun ini. Lalu yang jadi pertanyaan apa-apa sajakah spesies baru tersebut ? seperti yang dilansir dari laman therichest, berikut 11 spesies terbaru yang pernah ditemukan oleh para ahli pada tahun 2015

10. Monyet Titi
Monyet Titi merupakan spesies monyet terbaru yang pernah ditemukan di daerah hutan hujan Amazon, tepatnya di Peru.

Monyet titi/ www.saveamericasforests.org
Menurut Corine Vriesendorp yang merupakan seorang ahli ekologi konservasi Field Museum berpendapat bahwa monyet titi ini adalah salah satu jenis spesies yang baru dari varian warna sebelumnya yaitu Callicebus cupreus.

9. Spesies Kadal Yang Biasa Hidup Di Dekat Air
Jika dilihat dari karakteristiknya spesies ini memang sangat mirip dengan kadal, namun yang membedakannya dengan kadal adalah bentuk dan ukuran tubuhnya yang agak berbeda dari kadal pada umumnya.

kadal air/ www.pbase.com
Spesies ini ditemukan Rafe Brown, yang merupakan seorang kurator di University Of Kansas Biodeversity. Awalnya spesies tersebut ia temukan saat ia berjalan-jalan bersama dengan rekannya di sebuah pasar gelap di Manila, Filipina. di sana ia menemukan spesies itu sedang dijual di pasar gelap tersebut.
(Baca Juga: Fotografer Ini Selamat, Setelah Jepret Buaya Sedekat Ini)
8. Burung Teror
Jika kita lihat dari gambar di atas burung ini memang tampak menyeramkan, namun begitu hewan ini sesungguhnya baru ditemukan peneliti, setelah mereka menyelesaikan 90 persen dari kerangka fosil, yang awalnya ditemukan pada tahun 2010 di Mar del Plata, Argentina.

ilustrasi burung teror/ www.fimfiction.net
Kabarnya burung jenis ini dijuluki sebagai burung teror, dengan sifat dan anatomi pendengarannya yang unik.

7. Spesies Kadal
Tak seperti kadal yang biasa, kadal jenis ini memiliki postur tubuh yang relatif kecil, kulit yang bermotif opulently, dan juga memiliki sisik dengan motif baris runcing serta dihiasi dengan warna-warni, yang tentunya hal itu membuatnya semakin cantik.

kadal spesies baru/ via bbc.com
Spesies kadal yang baru ditemukan ini memiliki tiga spesies baru Woodlizards yang telah ditemukan di Andes Peru dan Ekuador.

6. Spesies Cacing Indocina Baru
Mungkin sebagian dari kita banyak yang merasa jijik dan geli jika melihat spesies cacing yang satu ini, tapi tidak bagi seorang ahli yang bernama Scientist Peter Geissler bersama dengan rekan-rekannya.
cacing Indocina/ www.fauna-flora.org
Ia yang merupakan seorang ahli yang menghabiskan waktunya selama 95 hari di taman Nasional Indocina hanya untuk mencari spesies baru dari semua jenis makhluk. Dari waktu yang ia habiskan itu, ternyata hasilnya tidak sia-sia, karena di sana ia berhasil menemukan sejenis spesies cacing yang dinamakan Cacing Indocina, pada daun, dana ada juga yang meringkuk di bawah kayu busuk.
(Baca Juga: Persahabatan Unik, antara Sang Kucing Dengan Burung Hantu)
5. Spesies Baru Buaya Prasejarah
Spesies buaya ini memang tampak kurang menyeramkan, pasalnya buaya ini hanya memiliki gigi pasak dengan mulut yang hampir mirip dengan bentuk sekop, sehingga membuatnya kurang menyeramkan.
buaya/ via www.livescience.com

Meskipun spesies buaya ini baru ditemukan di dekat sungai Amazon di timur laut Peru, akan tetapi, ada pula yang meyakini bahwa spesies ini telah berkembang sekitar 13 juta tahun lalu di rawa primitif Peru

4. Spesies Burung Hantu Unik
Selama bertahun-tahun, spesies burung hantu indah termasuk dalam kelompok yang disebut burung hantu Hume.
Burung hantu spesies terbaru/via www.livescience.com
Sebenarnya spesies Ini adalah korban dari kesalahan identitas dan tidak termasuk dalam kategori burung hantu bermata emas. Para peneliti membandingkan dengan melihat kedua bulu burung hantu, profil tubuh, serta DNA-nya, dan menemukan DNA adalah sekitar 10 persen berbeda dari burung hantu Hume.

3. Katak Berduri
Katak ini sangat unik dan berbeda dari katak-katak yang lain. pasalnya ukuran katak ini tidak lebih besar dari kuku manusia.

katak berduri/ via via:www.cleveland.com
Tak hanya itu, Katak yang ditemukan di Pegunungan Andes Ekuador ini ternyata bisa mengubah tekstur kulitnya menjadi berduri dalam beberapa menit.
(Baca Juga: 9 Hewan Terkecil Yang Paling Mematikan Di Bumi)
2. Spesies Burung flycatchers
Sementara hutan hujan Amazon menjadi tujuan favorit bagi para ilmuan, salah satu pulau dari Indonesia, yakni Sulawesi, menjadi terabaikan. Padahal di sana terdapat berbagai spesies unik terutama pada jenis burung.

Spesies burung asal Indonesia/via www.sci-news.com
Dan baru ini para ahli baru mengonfirmasi (Akui) keberadaan dari burung flycatchers asal pulau Sulawesi, setelah dulunya pernah terlihat pada tahun 1997.

1. Laba-laba Goblin
Para peneliti di Madagaskar baru saja menemukan lima spesies baru yang sangat kecil, salah satu spesies itu di antaranya yaitu laba-laba berkilauan. Laba-laba ini memiliki tubuh yang relatif sangat kecil yakni 0,04-0,12 inci.

Laba-laba Goblin/via www.livescience.com
Dari beberapa spesies yang baru ditemukan tadi, kemungkinan masih ada beberapa spesies lain yang masih belum ditemukan hingga sekarang. Namun begitu, yang pasti spesies itu masih hidup di bumi ini, dan oleh karena pula itu sudah sepantasnya bagi kita untuk tidak merusak ataupun mengganggu rumah tempat tinggalnya Yakni Hutan.

Click to comment