Inilah Makanan yang Menyehatkan Jantung



images by pixabay.com
ilustrasi jantung
Seperti yang diketahui jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki peranan penting bagi tubuh. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita menjaga organ yang satu ini, karena bukannya tak mungkin organ ini mengalami kerusakan yang tak kita sadari sebelumnya.

Benar memang, dalam menjaga kinerja jantung tak boleh dianggap sepele, apalagi mengingat organ ini memiliki fungsi penting seperti dalam hal sirkulasi darah, membersihkan darah yang kotor sampai menjadi bersih kembali bersih.

Selain itu, jantung juga mempunyai peranan lain bagi tubuh yakni, sebagai menjaga tekanan darah yang ada di dalam tubuh sehingga tekanannya pun tak akan menjadi terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Nah, dari fungsi itu pastinya semua orang akan sadar betapa pentingnya jantung. Adapun untuk menjaganya Anda bisa simak Beberapa Rahasia yang menyehatkan jantung berikut ini :


1.Kacang almond
Kacang Almond seolah-olah makanan yang tak habis-habisnya dibahas, pasalnya kacang yang satu ini memang berbeda dari kacang lainnya. Perbedaannya itu bisa kita lihat pada manfaatnya yang sangat kaya, yang di antaranya adalah bisa mengurangi kenaikan kadar gula dan insulin setelah Anda makan, sehingga hal ini sangat bagi perlindungan diabetes. Yang lebih baiknya lagi, ternyata Almond ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan kalium di dalam Almond yang bisa menyehatkan jantung Anda. Perlu juga anda tahu, kacang Almond ini juga memiliki kegunaan lain yakni untuk memerangi radikal bebas yang tak lain adalah pemicu penyakit jantung.

images by pixabay.com

2.Kacang polong
Selain kacang Almond, kacang lainnya yang tak kalah manfaatnya adalah kacang polong. Kacang polong termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang ukurannya terbilang kecil. Namun begitu, Anda jangan anggap sepele dulu, karena jenis kacang-kacangan yang dianggap kecil ini rupanya dikenal mampu menyehatkan jantung Anda supaya sehat dan bebas dari penyakit, karena kandungan akan seratnya yang berguna sebagai penurun kolesterol jahat yang biasa merugikan organ jantung.

images by pixabay.com

3. Ikan salmon
Meski terkenal karena harganya yang agak mahal, tapi sebaiknya Anda jangan sungkan-sungkan untuk membelinya di pasar, alasannya tentu adalah manfaatnya yang kaya dan berguna bagi tubuh anda. Adapun manfaatnya adalah untuk mengurangi tekanan darah serta pembekuan darah yang pastinya akan mengganggu dan juga merusak fungsi jantung. Sementara itu, kandungan antioksidan ditambah dengan asam lemak omega 3 yang juga bermanfaat untuk jantung.

images by pixabay.com

4.Tomat
Tomat umumnya memiliki warna merah. Warnanya itu disebabkan karena tingginya zat lypo-protein yang dikandung tomat. Namun, tahukah Anda bahwa kandungan itu bermanfaat bagi tubuh ? Yup, manfaatnya itu adalah untuk kesehatan terutama pada kesehatan jantung Anda. Bahkan kandungan zat lain di dalam tomat juga tak kalah manfaatnya bagi jantung, yakni antioksidan dan nutrisi lain.



5. Yoghurt
Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi yang terkenal baik untuk kesehatan pencernaan tubuh. Tak cukup sampai di situ, Yoghurt ternyata juga dikenal baik untuk membakar lemak, menurunkan risiko stroke, tekanan darah tinggi dan bahkan mampu melindungi jantung Anda. Oleh karenanya tak ada salahnya bukan untuk mencoba makanan ini ?

images by pixabay.com

6. buncis
Mungkin sebagian dari kita pernah membuang buncis tatkala dihidangkan sup ? Apabila Anda termasuk dari perilaku itu, sebaiknya mulailah untuk tak membuangnya. Ini dikarenakan mengonsumsi setengah cangkir buncis setiap hari akan berguna untuk mengontrol LDL atau protein yang memicu kolesterol. Dari hal itu, maka secara otomatis buncis ini bisa mengurangi risiko penyakit terhadap jantung.


images by pixabay.com

7.Alpukat
Selama ini kita mengenal Alpukat sebagai buah dengan rasa kurang menyenangkan, tapi dibalik rasanya yang kurang itu, ternyata terselip kandungan yang sangat kaya akan Natrium dan bebas kolesterol. Lemak baik juga ikut terkandung di dalam alpukat yang kandungan ini dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol yang akan berakhir pada kesehatan jantung Anda.

Selain rajin mengonsumsi makanan di atas, jauhi pula penyebab jantung sakit seperti kurang tidur, terlalu banyak makan makanan berlemak, termasuk itu kebiasaan merokok.



You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon