10 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Turun Kemampuan Otak



Untuk menjalani kehidupan ini, tentu kemampuan berpikir sangat dibutuhkan, terutama saat seseorang sedang berurusan dengan suatu masalah. Bagi mereka yang memiliki kemampuan berpikir tinggi, kemungkinan ia akan dengan mudah menyelesaikan suatu masalah. Sementara bagi mereka dengan kemampuan berpikir yang kurang, maka tak jarang akan membutuhkan waktu lama dalam memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapinya.

Namun demikian, sekarang yang jadi pertanyaannya adalah apakah ada suatu kebiasaan yang dapat menurunkan kemampuan berpikir otak ?

Ternyata Ada, dan faktanya ada banyak sekali yang bisa memengaruhi kemampuan berpikir otak seseorang. Salah satunya faktornya itu ternyata bisa dari kebiasaan yang sering kita lakukan. Nah, sekarang apa-apa sajakah kebiasaan itu, simak ulasannya berikut ini:

1. Kekurangan gizi
Gizi sangatlah dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh, termasuk itu otak. Karena hal itu, maka sudah sepantasnya asupan gizi khusus harus dipenuhi.

2.Banyak tidur
Tidur yang cukup memang sangat menyehatkan tubuh, namun bila terlalu banyak tidur, tindakan ini malah sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Dan bahkan terlalu banyak tidur ternyata juga dapat memperlambat kecerdasan berpikir.

3. Kebiasaan Merokok
Sudah bukan hal aneh lagi jika merokok dapat merusak kesehatan. Selain menyebabkan berbagai penyakit yang mematikan, kebiasaan buruk ini juga dapat merusak otak seseorang, dari hal itu maka secara otomatis kemampuan berpikir pun akan semakin berkurang.

4. Stres
Stres memang sering dihadapi seseorang, apalagi bagi pekerja kantoran. Tapi, untuk dampaknya, sekiranya sudah banyak yang tahu? Bahkan, Selain akan membunuh pikiran Anda, stres pun akan berdampak pada hal lain seperti pada, kulit yang akan mudah menua. Oleh sebab itu, maka sebaiknya Anda mulailah untuk menjauhi yang namanya stres.

5. Kurang tidur
Selain Tidur yang berlebih, kurang tidur juga termasuk dalam kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan kecerdasan seseorang. Oleh karenanya Anda diwajibkan untuk tidur tepat waktu dan cukup agar pikiran dan energi Anda kembali fit.

6. Malas bergerak
Berolahraga sudah terbukti menyehatkan fisik dan juga mental. Oleh karena itu hendaklah Anda jadikan olahraga dalam rutinitas, yang harus dijalankan secara teratur. Hal ini bukannya tanpa alasan, sebab apabila tubuh jarang atau malas bergerak maka, perilaku ini pun akan berefek buruk pada kesehatan, termasuk itu kemampuan berpikir Anda.

7. Kecanduan alkohol
Alkohol, sangat dikenal dapat menyebabkan kecemasan dan juga depresi. Selain itu sebenarnya sangat banyak bahaya lain yang mengincar sang pecandu Alkohol, termasuk itu pada penghambatan kemampuan memori otak.

8. Gaya hidup yang mati (pasif)
Adakalanya kita pernah jenuh dalam melakukan sesuatu hal, namun bila kejenuhan itu selalu melanda Anda, sebaiknya mulailah berhati-hati, karena bukannya tak mungkin kejenuhan itu akan menghambat Anda dalam berpikir, dan hal itu disebabkan karena otak tak terpanggil untuk memikirkan sesuatu hal-hal baru, yang membuat hidup terasa lebih menyenangkan.

9. Kesepian
Manusia merupakan makhluk sosial, yang artinya mereka saling berkomunikasi atau tolong menolong. Namun bagaimana dengan Manusia yang selalu Kesepian ? Selama ini memang telah banyak orang yang menyendiri karena sesuatu hal. Tapi, bagi Anda yang sering menyendiri sebaiknya mulailah bersosialisasi, karena dengan itu maka akan terbentuk sesuatu ide atau pola pikiran yang terkumpul dari banyak otak/pikiran. Sementara, bagi yang suka menyendiri maka secara bertahap hal itu akan mengurangi kepintarannya.

10. Pengaruh Narkotika
Jangan pernah sesekali dekat-dekat dengan yang namanya Narkotika, karena apabila mendekat apalagi mencoba, akan sangat sulit untuk melepaskan diri. Narkotika memang terkenal dengan nikmat yang sesaat, namun lebih dikenal dengan efek yang panjang. Beberapa efeknya itu sebut saja, dijauhi teman, kehilangan uang karena untuk membelinya, atau bahkan terkena berbagai penyakit berbahaya yang merusak tubuh, termasuk itu pada Otak Anda. Bagi mereka yang sudah terjerumus tentu saja sudah sangat sulit dalam mengendalikan atau menahan dirinya tatkala melakukan perbuatan yang buruk.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon