10 Kebiasaan Yang Merusak Kesehatan di Tengah Malam

images by pixabay.com
Ilustrasi
Ketika waktu tengah malam, hal yang paling dianjurkan untuk dilakukan adalah tidur. Namun, terkadang sebagian orang terpaksa harus begadang karena beberapa hal mendesak misalnya saja karena adanya tugas kerja yang belum selesai. Sesekali dilakukan hal ini mungkin tak berefek besar, tapi bila sudah dilakukan selama berkali-kali, anda sebaiknya mulai berhati-hati karena hal ini akan berpotensi memperburuk kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Selain begadang, Namun ada juga beberapa hal lain yang juga tak baik dilakukan terutama saat tengah malam. Jika beberapa tindakan berikut ini tetap Anda lakukan maka dikhawatirkan akan berefek jelek pada tubuh. Lantas apa-apa sajakah tindakan itu, simak beberapa tindakan tidak menyehatkan yang apabila dilakukan di malam hari berikut ini :

1. Mengemil
Mengemil merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan. Oleh karena itu kita disarankan untuk mengemil akan tetapi perlu Anda tahu mengemil janganlah sembarangan terutama dalam urusan waktu. Hal ini karena mengemil di waktu yang tak tepat malah justru tak menyehatkan tubuh. Waktu yang paling  buruk untuk mengemil adalah saat tengah malam. waktu ini dikatakan buruk karena berakibat pada menumpuknya kalori sehingga nantinya akan berakibat pada masalah obesitas (kegemukan), masalah pada asam lambung, dan masalah pada kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan bio-behavioral, dari University of California, Los Angeles, menyebutkan bahwa mengemil di tengah malam akan membahayakan otak, meskipun penelitian itu baru dilakukan pada tikus akan tetapi prinsip umum juga berlaku pada manusia.

2. Konsumsi Makanan pedas
Konsumsi makan makanan pedas juga tak dianjurkan saat tengah malam karena ini akan membuat gas lambung menjadi naik sehingga tubuh pun akan merasa tak nyaman ketika tidur. Tak cukup sampai di situ saja, konsumsi makanan pedas juga akan berlanjut pada masalah kesehatan lain seperti
penyakit maag.

3. Terlalu Banyak minum
Minum sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, akan tetapi Anda juga perlu tahu berlebihan minum air juga tak baik bagi kesehatan apalagi jika dilakukan saat tengah malam. berlebihan minum air akan meningkatkan intensitas buang air kecil ketika Anda tidur sehingga hal ini pun akan mengganggu tidur dan juga akan berefek pada tenggorokan yang menjadi kering ketika bangun dari tidur.

4. Menelepon
Saat Anda menelepon pasangan, rasanya memang sangat menyenangkan hati, namun karena saking senangnya tanpa disadari waktu telah beranjak tengah malam. Bila hal ini telah menjadi kebiasaan Anda cobalah dari sekarang untuk menghentikannya. Karena apabila kebiasaan ini terus berlanjut maka ini tentu akan merusak kesehatan tubuh terutama telinga karena radiasi yang dibawa smartphone ataupun telepon milik Anda. Selain itu, menelepon di tengah malam juga akan merusak
kualitas tidur Anda.

5. Kecanduan Bersosial Media
Menggunakan akses Internet untuk membuka jejaring sosial memang sangat menyenangkan apalagi bisa chattingan dengan orang yang dicintai. Namun di samping rasa senang yang didapatkan, kecanduan bersosial media juga memiliki dampak negatif pada kesehatan yang di antaranya yaitu merusak kesehatan mata karena seharusnya di waktu tengah malam adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan mata anda. Bahkan, Terkadang datang rasa keinginan untuk menonton film dewasa yang pastinya hal ini tak menyehatkan karena akan merusak gairah alami yang ada pada diri kita.

6. Menonton televisi
Televisi memiliki banyak sekali bahaya, misalnya saja radiasi, masalah mata, ikut-ikutan trend tak mendidik, sampai timbulnya malas ataupun bahaya lainnya. Kebiasaan menonton televisi ini pun lebih diperparah jika dilakukan saat tengah malam karena akan merusak waktu tidur Anda.

7. Berpesta (diskotek/Kibotan)
Berpesta sesungguhnya adalah hal yang sering dilakukan oleh anak-anak muda remaja. Biasanya tindakan seperti ini dilakukan saat tengah malam dan tak jarang pula dibarengi dengan kehadiran Minuman keras bahkan sampai wanita penghibur.

Bila hal ini terjadi tentu akan merusak kesehatan serta moral anak sekarang, dan yang lebih parahnya lagi hal ini juga akan membuat masa depannya menjadi suram. Selain itu berpesta saat tengah malam juga akan berpengaruh pada kurangnya kinerja tubuh karena kekurangan tenaga.

8. Mabuk
Mabuk bukan hal yang aneh lagi jika dapat merusak kesehatan, akan tetapi hal ini tetap saja dilakukan orang-orang terutama  seusai mereka pulang kerja atau hanya sekedar ngumpul bareng teman. Mabuk bukan hanya merusak otak tapi bisa merusak mata bahkan moral.

9. Merokok
Merokok juga sama dengan mabuk, hal ini terbukti dapat merusak kesuburan anda khususnya bagi kaum pria.

Akan tetapi kenapa sekarang ini banyak bapak-bapak yang hobi merokok tetapi tetap memiliki anak ?
Ini kemungkinan karena mereka mulai mengenal rokok setelah mereka baru menikah, jadi kemungkinan efek yang didapat belum terlalu parah.

Tapi, anak-anak sekarang ini sudah mengenal rokok bahkan sampai-sampai anak Sekolah Dasar sekalipun, dan yang pastinya apakah dan bagaimanakah masa depan mereka ?
( Lihat : 7 Tips Alternatif Untuk Berhenti Merokok )

10. Membiarkan Diri Kelaparan
Kita semua tahu, meninggalkan perut terus merasa lapar saat tengah malam bukanlah hal yang baik ? sebab jika membiarkan tubuh lapar juga akan berakibat pada waktu tidur anda menjadi tak nyenyak sehingga esok harinya tubuh jadi kurang fit
Akan tetapi untuk menghilangkan hal ini bukanlah dengan cara mengemil. Tapi, sebelumnya hendaklah untuk mengatur jadwal makan secara teratur sehingga nantinya rasa lapar tersebut tak akan menghampiri lagi.
( Lihat : Sering Lapar, Inilah Penyebabnya )

Demikianlah artikel tentang 10 Kebiasaan Tak Menyehatkan Saat Tengah Malam, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Referensi

1 komentar:

avatar

info bermanfaat, thx sharingnya :)

Click to comment