Waspadai 5 Gejala Penyakit Stroke

Ilustrasi Stroke (images by : uclan)
Penyakit stroke merupakan penyakit berbahaya yang patut anda khawatirkan, ini karena stroke tergolong sangat mematikan bahkan penyakit ini pun pernah masuk dari salah satu deretan dari lima penyakit penyebab kematian di dunia.

Bila dibiarkan maka penyakit ini akan terus merusak tubuhanda terutama pada bagian otak. Jika saja setelah satu menitanda terkena stroke, maka otak akan kehilangan 1,9 juta sel dan jika hal ini berlangsung selama sejam maka otak akan mengalami proses penuaan yang setara dengan proses penuaaan selama tiga 3,5 tahun.

Jika penyakit ini tak ditangani secara tepat dan cepat, maka besar kemungkinan penderitanya akan mengalami kerusakan otak yang akan berakibat pada gangguan bicara, kesanggupan otak dalam berpikir, dan sampai mengalami perubahan sikap.

Agar kita cepat serta cermat dalam menangani penyakit ini, maka kita pun harus tahu apa-apa saja gejala dari penyakit mematikan ini, untuk hal itu berikut 5 gejala dari penyakit stroke :

1. Penglihatan
Gangguan mata bisa jadi menjadi tanda dari berbagai macam penyakit, tapi bagi mereka pengidap stroke memiliki tanda-tanda dari gejala tersendiri seperti penglihatan tampak ganda, samar, dan bahkan kehilangan penglihatan. Jika hal ini pernah anda alami mungkin bisa jadi ini adalah tanda dari penyakit stroke. Untuk memastikan lebih lanjut cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Namun jangan pula anda abaikan tanda ini dengan berdalih alasan kelelahan ataupun penuaan.

2. Kebas
Tangan kebas sangat umum terjadi pada setiap orang, apalagi bila hal ini terjadi saat bangun tidur terutama pada bagian lengan atau kaki, mungkin kita akan mengiranya sebagai akibat dari saraf yang tertekan ketika tidur. Tapi bila pada bagian tubuh atau wajah yang kebas, ini kemungkinan di sebabkan karena penurunan aliran darah ke arteri yang dimulai dari tulang belakang sampai belakang kepala anda sehingga ini pun akan menyebabkan tubuh merasa kebas. Dan bila ini terjadi, konsultasikan langsung ke dokter.

3. Lidah cadel
Jika lidah cadel biasanya ini akibat dari efek dari beberapa jenis obat. Namun, bila anda merasa kesusahan dalam berbicara atau anda kesulitan ketika memahami ucapan dari orang lain apalagi secara tiba-tiba, ini haruslah anda waspadai karena bisa jadi inilah merupakan tanda dari penyakit stroke.

4. Keseimbangan
Pernah mengalami kejadian hampir terlantang karena kehilangan keseimbangan ? Ini mungkin memang umum dialami semua orang, tapi ini juga menjadi salah satu tanda dari gejala penyakit stroke karena kurangnya sirkulasi darah ke otak. Selain kehilangan keseimbangan anda juga harus waspada ketika tiba-tiba kesulitan saat berjalan, mengalami pusing atau bahkan kehilangan koordinasi kaki.

5. Sakit kepala
Sakit kelapa adalah penyakit yang mungkin paling sering dialami terutama bagi mereka yang berusia di atas sekitaran 30 tahun. Mengalami sakit kepala mungkin adalah hal biasa, tapi jika sakit kepala terasa sangat hebat apalagi jika datang secara tiba-tiba anda sebaiknya harus waspada, terutama bila sakit kepala dibarengi dari salah satu dari tanda di atas.

Itulah beberapa tanda dari gejala penyakit stroke, semoga informasi ini dapat berguna agar bisa ditanggapi dengan cepat dan aman.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon