Sering Diabaikan, Inilah 10 Benda Yang Bisa Memicu Kanker


images by pixabay.com

Ada banyak sekali penyakit yang kerap kali menyerang kita, baik itu penyakit yang tergolong kecil hingga penyakit yang mematikan sekalipun. Meski demikian, bukan berarti anda harus mengabaikan penyakit yang  tergolong ringan. Hal ini karena ada banyak sekali jenis penyakit yang mulanya termasuk kelas ringan yang hingga akhirnya malah justru menjadi penyakit yang mematikan terlebih lagi bila terus diabaikan.

Salah satu di antara beberapa penyakit ringan yang justru mematikan adalah penyakit kanker, kenapa ? karena penyakit kanker pada mulanya ialah karena siklus sel khas yang lama kelamaan tumbuh tak terkendali yang akhirnya menyerang jaringan biologis yang ada di dekatnya. Selain itu sel ini juga bermigrasi ke jaringan tubuh anda melalui sirkulasi darah sehingga sel ini pun akan menyebar dan berakibat fatal bila dibiarkan

Pemicu kanker ini sendiri sebenarnya sangatlah beragam, mulai dari kurang olahraga, pola makan yang tak sehat atau pola hidup yang buruk. Namun, selain hal itu ternyata sepuluh benda-benda yang rupanya bisa memicu terjadinya penyakit kanker, apa-apa sajakah benda itu berikut ulasannya :

1. Kopi Instan
Tak bisa dipungkiri lagi, minum kopi memang termasuk salah satu kebiasaan yang sangat mengasyikkan apalagi jika dilakukan di pagi hari. Tapi tahukah anda bahwa meminum kopi dapat menyebabkan kecanduan ? mungkin anda sudah tahu dengan hal ini karena kopi nyatanya memang mengandung kafein yang bisa membuat kecanduan.

Selain membuat anda kecanduan, sering-sering kopi juga bisa berisiko menderita kanker, terutama bagi anda yang mengonsumsi kopi instan. Seperti yang dikutip dari laman menshealth, para ahli menyebutkan bahwa orang yang terus menerus meminum kopi instan sangat berisiko menderita penyakit kanker. Sebab di dalam kopi instan terdapat zat pengawet yang tak dicerna oleh tubuh, sehingga nantinya akan menimbulkan penyakit dalam jangka panjang.

2. Rokok dan Alkohol
Rokok dan Alkohol bukanlah hal yang aneh dan asing lagi bila kedua jenis benda dapat menimbulkan kanker. Namun, yang kini permasalahannya adalah kedua benda ini kerap kali diabaikan meskipun ada mereka tahu akibatnya.

Sebagai contoh sebut saja rokok yang terdapat peringatan “ dapat menimbulkan kanker” akan tetapi tetap saja dihisap, sedangkan alkohol sendiri rasanya bukanlah enak. Hal ini karena pada alkohol terdapat zat kimia bersifat karsinogen yang bisa menstimulasi tingkat pembelahan sel yang tentunya dapat menyebabkan risiko penyakit kanker.

3. Rokok Elektrik
Rokok elektrik baru-baru ini memang sempat menjadi sorotan oleh banyak orang, bukannya karena bisa menjadi alternatif yang sehat akan tetapi malah lebih memperburuk kesehatan anda. Bukannya tanpa alasan, kandungan zat karsinogenik pada rokok elektrik ini ternyata bisa 10 kali lipat dari rokok biasa. Maka bagi anda pencandu rokok baik itu rokok biasa maupun rokok elektrik sebaiknya meninggalkan buruk ini.

4. Cat dan pernis
Bagi anda yang baru saja pindah ke rumah yang baru dicat maka hal ini bisa menjadi bahaya besar untuk kesehatan. VOC (volatil organic compounds) adalah senyawa yang mudah menguap yang berasal dari cat atau pernis. Senyawa ini bisa membuat anda merasa sakit kepala. Dan dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini dapat memicu terjadinya kanker. Namun anda juga bisa menghindari hal ini dengan memilih cat yang non-VOC

5. Kosmetik
Sebagian besar kaum wanita senang memakai kosmetik ? akan tetapi jika hendak membeli kosmetik ada baiknya harus lebih berhati-hati terlebih lagi pada kosmetik yang berkualitas rendah ? Nah, karena hal ini sangat di sarankan untuk membeli produk kosmetik yang kandungannya lebih alami, cocok dan tentunya aman bagi kesehatan kulit anda.

6. Sterofoam/gabus
Pernah membeli barang elektronik ? jika ia mungkin anda pernah menemukan benda yang berwarna putih?

Nah, benda itulah yang disebut dengan sterofoam atau gabus?  Lalu kenapa benda ini dikatakan bisa memicu terjadinya kanker ? karena sterofoam mengandung senyawa styrene dan karsinogenik yang telah terbukti bisa menimbulkan kanker oleh Badan Internasional Penelitian Kanker

7. Wajan anti lengket
Perlu diwaspadai ? ternyata wajan anti lengket juga bisa menyebabkan kanker karena adanya bahan kimia seperti PFOA yang ada di teflon. Dikhawatirkan nantinya ketika anda memasak dengan teflon, bahan kimia itu akan menempel pada makanan anda.

8. Plastik
Kita mungkin pernah mendengar beritanya kalau adanya pedagang gorengan yang menggoreng dagangannya dengan mencampur plastik yang katanya supaya lebih renyah ? dari hal itu boleh saja anda mulai berhati-hati dalam membeli jajanan akan tetapi bila memang sedang lebih berminat anda boleh membelinya pada saudara atau  tetangga yang memang tidak menggunakan plastik dalam menjual dagangannya.

Dalam sebuah studi, menunjukkan  bahwa BPA yang terdapat pada plastik ternyata dapat memicu kanker, gangguan reproduksi bahkan penyakit jantung.

Selain mengonsumsi plastik dari bahan gorengan, ada baiknya anda mengurangi wadah plastik di dapur rumah anda.

9. Makanan Kaleng
Selain Plastik, ternyata lapisan pada makanan kaleng juga terdapat bahan kimia BPA yang bisa menimbulkan penyakit kanker. Dalam beberapa penelitian terbukti menunjukkan bahwa senyawa itu memang berbahaya bagi tubuh.

10. Produk Pembersih
Perlu anda ketahui bahwa terdapat paparan bahan kimia pada produk beberapa pembersih yang bisa membahayakan bagi kesehatan.

Maka oleh karena itu, pastikan bahwa anda selalu menggunakan pelindung tangan maupun tubuh ketika anda menggunakannya.

Referensi :
Wikipedia
Boldky
Menshealth

1 komentar:

avatar

baru tau saya mba ternyata kopi instan bisa menyebabkan kanker.... jadi ngeri mba, saya lumayan sering sih minum kopi instan..

Click to comment