Tuesday, July 21, 2015

Delapan Makanan Pemicu Alergi



Kacang Tanah
Bagi sebagian orang mungkin pernah mengalami kulit gatal-gatal atau masalah lain setelah mengonsumsi makanan tertentu. Bila hal ini pernah anda alami, mungkin anda termasuk orang yang alergi terhadap sesuatu terutama itu pada makanan.

Alergi atau hipersensitivitas ini sebenarnya merupakan kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik.

Seperti yang telah disebutkan di atas, alergi ini memang memiliki berbagai pemicu dan salah satu di antaranya adalah makanan. Maka dari hal itu pula, ada baiknya bagi anda yang memang Alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya menghindari beberapa makanan berikut ini:

1. Kacang Tanah
Di saat kita sedang santai atau bermalas-malasan di depan Tv mungkin rasanya akan kurang lengkap apabila tak dilengkapi camilan seperti yang di antaranya adalah kacang tanah. Tapi bagi anda yang memang benar Alergi maka sebaiknya mulai menghindari biji-bijian satu ini.
Hal ini karena menurut para Ahli Gizi yang bernama Mansi Belani, mengungkapkan bahwa kacang dapat menimbulkan reaksi alergi seperti perut mulas, kulit gatal, bahkan sampai asma. Selain itu, kacang juga mengandung protein yang sangat tinggi yang tak bisa diterima oleh anak-anak, terutama bagi anak-anak yang intoleransi protein.

2. Sayuran
Sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, Namun sayang, menurut para Ahli Gizi Jivesh Shetty mengungkapkan bahwa wortel, kubis, bayam, kembang kol, kentang manis, labu, bawang merah, maupun bawang putih dikatakan dapat menyebabkan reaksi alergi yang di antaranya ruam kulit, sakit perut atau masalah pada lambung.

3. Buah
Selain sayuran, ternyata buah-buahan ada juga yang bisa menyebabkan masalah terutama bagi anda yang alergi. Memang sangat sungguh disayangkan, beberapa buah ini seperti stroberi, pisang, jeruk dan anggur bisa menimbulkan alergi tropik yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

4. Tepung Terigu
Tepung terigu asalnya dari Gandum. Gandum gluten dikatakan sebagai alergen yang dikaitkan sebagai pemicu dari gejala penyakit celiac pada beberapa orang. Gluten ini dapat terdapat pada barley, gandum, dan sampanye.

"Penyakit Celiac adalah suatu kondisi yang merusak lapisan dari usus kecil dan mencegah dari menyerap nutrisi penting," kata ahli gizi yang bernama Belani.

5. Susu Sapi
Susu Sapi sering disebut-sebut sebagai minuman sehat yang bisa membantu perkembangan tubuh anak, namun terlepas dari hal itu bukan berarti susu sapi ini baik bagi kesehatan bayi. Hal ini karena adanya dua hingga tiga persen bayi alergi pada protein yang ditemukan dalam susu sapi maupun susu formula yang berbasis susu sapi. Dan jika anak anda mengalami alergi pada protein yang ada pada susu sapi, ini berarti mereka memiliki sistem reaksi kekebalan tubuh abnormal terhadap protein yang ada pada susu sapi itu,

6. Telur
Selain susu sapi, telur juga bisa menyebabkan alergi terutama bagi anak-anak. Hal ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita, karena makanan ini memang sudah kerap kali menimbulkan alergi pada anak-anak yang disebabkan oleh faktor zat kimia yang menimbulkan efek kulit gatal-gatal.

7. Kacang kedelai
Tempe merupakan makanan khas asal Indonesia yang memang terbuat dari kacang kedelai, akan tetapi bagi anda yang mempunyai alergi terhadap kacang kedelai ada baiknya harus waspada. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena mengingat kacang kedelai mengandung phytoestrogen dan tingginya kandungan serat di dalam kacang kedelai dikatakan dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti stomatitis, kembung, diare maupun sakit perut.

Meskipun bisa menimbulkan alergi, akan tetapi alergi pada kacang kedelai ini biasanya sering dialami oleh bayi. Di samping hal itu, ada juga dari bayi yang alergi dari protein susu sapi ternyata juga alergi pada protein yang ada di dalam susu formula kedelai.

8. Makanan Laut
Mengonsumsi makanan dari hasil laut juga dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang memang suka alergi terhadap makanan ini. makanan laut memang disebut-sebut dapat menyebabkan alergi yang disebabkan dari kandungan gizi tinggi pada ikan yang tidak dapat diterima oleh tubuh seseorang dengan sistem antibodi rendah.

Dari delapan hal yang menjadi pemicu Alergi di atas sebenarnya masih ada beberapa lagi yang lain, namun karena dari delapan poin itu yang paling sering dialami orang maka kami pun membahasnya kepada anda.

Artikel Ini merupakan kutipan dari sumber terpercaya seperti halaman Wikipedia, Timesofindia dan okezone
Disqus Comments