Cegah Asam Urat Dengan Cara Simple Ini


Images by Pixabay.com
Ilustrasi Asam Urat
Penyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat (purin) yang ada di dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada daerah persendian. Hal ini sebenarnya dikarenakan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan zat asam dalam darah yang kemungkinan besar karena ginjal kita yang bermasalah.

Saat ini penyakit asam urat bukan hanya menyerang kalangan lanjut usia saja, bahkan asam urat ini juga bisa menyerang siapa saja, termasuk itu dari kaum muda. Namun, yang paling dominan memag biasanya dari kalangan orang-orang lansia. Hal ini sebenarnya bisa dibilang wajar, terlebih lagi bila di waktu muda kaum lansia itu selalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat asam.
(Baca juga : 10 Hal yang dapat merusak ginjal)
Jadi seiring, bertambahnya usia, maka zat itu pun akan tertimbun di dalam tubuh, terlebih lagi jika ia jarang melakukan olahraga. Maka zat yang tertimbun ini pun akan menimbulkan penyakit pada diri kita. Sementara, penderita penyakit Asam urat itu sendiri memiliki beberapa ciri yang sangat umum, beberapa di antaranya persendian terasa ngilu, nyeri yang berulang, kesemutan, linu, bahkan akan bengkak pada bagian persendian. Namun, sebenarnya selama yang menjadi pertanyaan adalah apa dan bagaimana sih caranya mengobati asam urat.

Untuk pengobatannya memang agak sulit dan tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal, akan tetapi bagi anda yang ingin berusaha anda bisa mencobanya dengan cara ini. Namun, bila anda ingin menghindari penyakit ini anda bisa mencegahnya dengan 5 cara sederhana ini :

images by pixabay.com

1. Hindari makanan Pemicunya

Hampir setiap hari kita mengonsumsi makanan, Namun bukan berarti makanan yang selalu kita konsumsi itu akan berdampak baik bagi kesehatan, malahan ada pula makanan yang menjadi pemicu datangnya penyakit asam urat.

Beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu asam urat yang dimaksud ialah jenis makanan yang menggandung senyawa alami purin yang tinggi. Contohnya saja hati sapi, daging, ikan yang mengandung banyak minyak, makanan laut sampai makanan yang mengandung ragi sekalipun.

Dari beberapa makanan di atas memang rata-rata sering kita konsumsi bahkan itu menjadi makanan favorit kita sehari-hari. Namun, bukan berarti anda tak boleh mengonsumsi makanan favorit tersebut, akan tetapi aturlah dan jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

images by pixabay.com


2. Konsumsi suplemen Vitamin C

Vitamin C selain dapat berguna bagi kesehatan  rambut dan kulit, selain itu rupanya vitamin yang satu ini juga mampu mencegah dan mengurangi resiko jumlah asam urat yang di ekskresi.

images by pixabay.com


3. Minumlah Susu Rendah Lemak

Susu memang sudah dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak sekali manfaat, susu juga sering dijadikan berbagai olahan makanan yang begitu lezat. Kandungan susu sangatlah banyak sekali, beberapa kandungannya termasuk itu Vitamin D yang bisa membantu dan mempercepat pertumbuhan tulang.

Tak hanya itu saja, ternyata susu juga dapat membantu melindungi diri dari risiko penyakit asam urat. Hal ini karena susu memiliki protein yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh guna mencegah asam urat secara alami. Akan tetapi jangan lupa pilihlah susu yang kandungan lemaknya rendah.

images by pixabay.com


4. Buah bery

Buah Berry memang sama seperti buah ceri, stroberi, dan blueberry. Kesamaan ini terletak pada kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Nah, kandungan antioksidan inilah yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat pada diri anda.

images by pixabay.com

5. Rajin Berolahraga

Selain empat hal di atas, berolahraga juga sangat bagus untuk mencegah penyakit asam urat. Ini karena jika kita sering berolahraga secara teratur maka kadar asam urat nantinya akan berkurang. Untuk berolahraga anda juga tak perlu yang berat-berat, sebab dikhawatirkan nantinya akan terjadi cedera yang membahayakan, maka sebaiknya pilih sajalah olahraga yang ringan-ringan saja.

( Gratis Voucher 1 Juta )

Referensi :
Wikipedia
timesofindia.indiatimes.com
Hariansehat

You might also like

5 Comments


EmoticonEmoticon