Buah-buahan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Lebaran


Images by pixabay.com
Jambu Air
Saat-saat Lebaran ini, banyak umat islam yang saling bersilaturahmi dan berkunjung ke rumah saudara maupun tetangga. Tatkala berkunjung, biasanya tamu akan dihidangkan berbagai macam makanan khas di hari raya Idul Fitri.

Umumnya makanan yang paling sering dan utama dihidangkan ialah kue kering. Namun, tak jarang pula dari sebagian tuan rumah lainnya yang mungkin pernah menyajikan makanan yang berlemak misalnya saja lontong dan gulai.

Tak ada salahnya memang jika kita menyajikan makanan seperti yang telah disebutkan di atas, Namun alangkah baiknya jika kita menyediakan buah-buahan yang bisa mengimbangi asupan kolesterol serta lemak berlebihan yang terdapat pada menu khas lebaran di atas. Nah, maka dari hal ini pula di sini ada beberapa makanan yang cocok anda sajikan di saat lebaran, lalu apa-apa sajakah itu ? simak dari ulasan berikut ini :

Images by pixabay.com
Pohon Kurma
1. Kurma
Kurma bisa jadi pilihan utama anda saat lebaran, ini karena kandungannya yang beda dari yang lainnya Seperti kandungan antioksidan polifenolik yang bisa menghambat LDL alias kolesterol jahat.
Kita tentu juga tahu dan sering mendengar anjuran dari Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa dengan buah ini. Anjuran ini memang sangat cocok dengan bukti sains yang menunjukkan bahwa kurma memiliki gula alami yang berguna sebagai sumber tenaga yang baik bagi tubuh.

Tak cukup sampai di situ saja, kurma ini juga memiliki kandungan lain seperti vitamin A, B6, kalium, Natrium alami besi serta magnesium. Dari beberapa manfaat ini tentunya kurma sangat cocok disajikan saat Lebaran ini.

2. Timun
Timun merupakan buah yang baik anda konsumsi, asal tak berlebihan. Buah berwarna hijau ini mengandung berbagai macam manfaat dan salah satunya adalah mengontrol tekanan darah dan mencegah dehidrasi tatkala musim panas datang.

Di dalam timun terdapat kandungan tinggi serat, kalium, vitamin C, A, K serta rendah kalori. Seperti yang telah dikatakan di atas buah ini memang cocok dijadikan sebagai pencegah dehidrasi, artinya anda bisa menggunakan timun sebagai bahan campuran untuk membuat jus timun yang tentunya menyegarkan tamu anda.

3. Anggur
Saat lebaran jangan lupakan buah-buahan satu ini yakni anggur. Pasalnya buah ini sangat baik dan tak kalah menyegarkan dahaga anda di waktu lebaran.

Tak hanya itu, buah Anggur ini juga memiliki banyak kandungan yang di antaranya ialah rendah lemak dan sebagai sumber yang baik dari vitamin C dan K. Anggur juga memiliki manfaat yang bisa menyembuhkan migrain, menuntaskan gangguan pada proses pencernaan tubuh, baik bagi mata, asma serta kulit anda. dan bahkan Anggur juga bisa melindungi kulit anda dari sengatan matahari.

4. Jeruk
Jeruk mungkin sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C maka dari hal itu buah ini pun sering kali dikenal sebagai buah yang baik bagi kesehatan kulit serta juga bisa memperlancar proses metabolisme tubuh. Selain kandungan vitamin C, tapi ada juga kandungan lain yang terdapat pada buah ini seperti prekursor A, kalsium, dan pektin. Jika anda rajin mengonsumsi buah jeruk ternyata juga bisa menstabilkan tekanan darah, menjaga imunitas tubuh kita dan mencegah risiko penyakit kanker hati dan ginjal.

Images by pixabay.com
Smoothie dari stroberi dan semangka
5. Stroberi
Selain Jeruk, buah Stroberi ini faktanya memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi darinya. Buah unik dengan biji yang berada luar ini juga mempunyai manfaat luar biasa yang bisa menjaga kulit anda bebas dari kerutan, meningkatkan kekebalan tubuh, menstabilkan produksi hormon hingga mampu menjaga kepadatan tulang. Jadi, tak ada salahnya bukan menjadikan buah ini sebagai salah satu hidangan manis saat Lebaran.

6. Semangka
Bagi yang suka manis-manis buah semangka ini mungkin bisa menjadi pilihan anda tatkala Lebaran. Semangka juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk penghilang dahaga anda karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

Buah Merah berbiji banyak ini juga memiliki sisi manfaat yang sangat baik bagi tulang. Dan bagi anda yang ingin mengurangi berat badan juga bisa mengonsumsi buah ini.

Manfaat lainnya yang tak kalah adalah bisa mengatur aksi saraf dan otot anda, dan bahkan bisa mencegah kerusakan pada sel dan masalah penyakit kardiovaskular.

Walaupun buah ini memiliki menyegarkan akan tetapi berlebihan dalam mengonsumsi semangka juga tak terlalu baik untuk anda.

7. Apel
Buah Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat, jadi bukan hal yang asing lagi jika buah apel ini bisa mengurangi kolesterol pada tubuh. Buah apel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang terbukti membantu mengeluarkan racun tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Jadi selama buah ini menguntungkan tubuh, mungkin bisa jadi makanan pilihan anda saat Lebaran. Tapi ingat sebaiknya mengonsumsi buah Apel sebaiknya cuci dan jangan dikupas kulitnya

Images by pixabay.com
Olahan Belimbing
8. Belimbing
Buah belimbing merupakan buah yang berbentuk sangat unik karena bentuknya hampir mirip seperti cahaya bintang yang berkelip. Buah ini umumnya memiliki rasa yang sangat masam, namun pada jenis tertentu ada pula yang rasanya agak manis. Buah ini sangat cocok jika anda hidangkan pada tamu anda, apalagi jika disajikan dalam berbagai macam olahan sebut saja manisan.

Belimbing juga memiliki khasiat tersendiri seperti mampu mengatasi sakit kepala, kurap, sampai cacar. Kandungan yang ada pada buah ini antara lain asam pantotenat , kalium, vitamin C dan tembaga belimbing yang baik bagi tubuh.

9. Jambu Air
Jambu Air merupakan buah yang paling sering dijumpai Di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan kandungan air tinggi yang bisa membuat anda menjadi fresh.

Jambu biji juga baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes. Selain itu, buah satu ini juga bisa meningkatkan fungsi hormon dan membantu mengobati sembelit.

10. Pisang
Sekali-kali jangan pernah remehkan buah pisang, ini karena kandungan serat dan potasiumnya yang sangat tinggi dan ternyata mampu membuat berat badan anda menurun. Serta terdapat pula kandungan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. bahkan buah pisang ini diklaim mampu membantu menghambat risiko serangan jantung. Untuk anda yang sedang berlebaran, jangan lupa jadikan buah ini sebagai buah pencuci mulut Ya !

Dari 10 buah di atas,Selain karena rasa dan kandungannya yang bermanfaat, Menyajikan buah di saat lebaran ini pastinya akan membuat lebaran kali ini akan terasa lebih berbeda dan berkreasi tentunya.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon