8 Penyebab Hancurnya Sebuah Pernikahan



Setiap pasangan pastinya tak ingin dihantui dengan istilah perceraian. Ya, bagaimana tidak ? Jika perceraian ini menghampiri sebuah keluarga mereka maka bisa dipastikan akan berakibat buruk pada hubungan pernikahan bahkan anak-anak yang telah mereka rawat selama ini.

Perceraian ini memang bisa membuat setiap hubungan pernikahan menjadi hancur kapan saja dan di mana saja, namun apakah anda tahu apa sebab dan penyebab awal hancurnya sebuah pernikahan ? untuk hal itu berikut 8 penyebab hancurnya sebuah pernikahan seperti yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Perbedaan Prinsip
Setiap individu umumnya memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda, baik itu dalam prinsip agama, pekerjaan, mengurus anak, dan prinsip lainnya yang jelas bertentangan dengan si dia. Nah, Perbedaan prinsip inilah yang banyak menjadi penyebab dari beberapa pasangan bercerai.

2. Kekerasan
Kekerasan dalam rumah tangga juga termasuk dari salah satu penyebab kenapa pasangan bercerai ? Masalah Kekerasan seperti ini umumnya berkaitan dengan kekerasan fisik yang tak jarang pula membuat beberapa bagian tubuh pasangan lebam atau bahkan sampai luka bakar. karena tak tahan akan tindakan kekerasan tersebut kebanyakan dari mereka akan memutuskan untuk menceraikan pasangannya.

3. Perselingkuhan
Hampir setiap orang mungkin tak ingin diselingkuhi, apalagi jika perselingkuhan tersebut telah menyangkut dengan aktivitas seksual. Jika sudah begini maka kebanyakan pasangan akan merasa tersakiti hingga akhirnya akan memutuskan untuk bercerai.

4. Kecanduan
Alasan Kecanduan ini biasanya dikaitkan dengan kecanduan merokok, mabuk bahkan konsumsi narkoba. Bila sudah kecanduan seperti ini tak jarang pula dari sebagian pasangan merasa tak tahan karena perilakunya dan sampai akhirnya ia akan meninggalkan pasangannya.

5. Keuangan
Meskipun banyak orang mengatakan bahwa uang tak menjamin ataupun membeli kebahagiaan, nyatanya banyak pula terjadinya perceraian yang berkaitan dengan hal ini.

6. Komunikasi
Berkomunikasi sangatlah penting antara sesama manusia, namun bila sepasang suami istri tak pernah berkomunikasi ini pastinya ini bukanlah sebuah pernikahan yang harmonis melainkan pernikahan kelam. Biasanya masalah semacam ini dipicu dari banyak hal misalnya saja karena, jauhnya jarak dari pekerjaan atau juga bisa karena perasaan khawatir tentang penelantaran, kepercayaan serta kesetiaan,

7. Hubungan Seksual
Dalam sebuah pernikahan pastinya hubungan intim sangat diperlukan. Tanpa adanya hubungan semacam ini maka sebuah pernikahan akan terasa hambar. Daripada memilih hidup tanpa hubungan seksual kebanyakan dari mereka umumnya akan meminta cerai.

8. Hilangnya Pekerjaan
Sebuah pekerjaan memang sangat penting untuk kebutuhan biaya rumah tangga. Maka dari hal ini tak heran bila sebuah pasangan yang di mana ia kehilangan suatu pekerjaan, maka akan timbulnya masalah pada rumah tangga itu sendiri, dan bahkan tak jarang pula akan berakhir pada perceraian.

(Baca juga:10 Pekerjaan Yang Bisa Picu Perceraian )

Click to comment