Wednesday, June 17, 2015

Islam, Di manakah Allah? Ini Jawabannya




Berdasarkan Al-Qur'an

Di manakah Allah ? Berada di manakah Allah ? ada di mana Allah ?  tiga pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di telinga kita ? biasanya pertanyaan tersebut terkesan membuat bingung bagi sebagian umat muslim sekalian.

Mungkin, ada juga sebagian dari umat muslim yang terkadang menjawab “ Allah berada di mana-mana”. Bila kita kaji lagi, jawaban Allah subhanahu Wa ta'ala berada di mana-mana tersebut tentulah keliru, pasalnya jawaban tersebut tak pernah ada di dasar hukum Islam yaitu Al-Qur’an dan As-sunnah (hadis).

Lantas manakah jawaban yang benar dan jelas ? Sebenarnya keberadaan Allah itu sudah jelas bahkan sering dijelaskan oleh Allah subhanahu wa ta'ala di dalam dasar hukum umat Islam yakni Al-Qur’an.

Al-Qur’an memanglah dasar hukum umat Islam yang utama, maka oleh karena itu kita sebagai umat islam yang beriman kepada rukun iman kita wajib mempercayai dan meyakini isinya.

Maka dari hal ini pula kita wajib mengimani keberadaan Allah yang akan segera dijelaskan berdasarkan dalil firman Allah subhanahu wa ta'ala yaitu adalah AL-Qur’an.

Jika kita perhatikan pada Al-Qur’an surah Thaahaa ayat 5 maka kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan tadi “ Di manakah Allah ? “.

1. Thaha ayat 5

(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pengasih. Yang bersemayam di atas 'Arasy. (QS. Thaha: 5)

Seperti yang kita ketahui dari ayat di atas memang tidak ada kata 'Allah'. Namun, di sana terdapat Ar-Rahman (Yang maha Pengasih) yang merupakan salah satu Asmaul Husna (Nama-nama baik Allah).

Tak hanya itu saja dalil yang menjelaskan tentang perihal ini, Namun, masih ada dalil-dalil yang lain seperti pada Al-Qur’an surah Al-A’raaf ayat 54 yang artinya berikut ini

2. Al-A’raaf ayat 54

Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah ! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam. (QS. Al-A’raaf: 54)

Dan juga pada Al-Qur’an surah Ar Ra’d ayat 2

3. Ar Ra'd ayat 2

Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy. Dia menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dia mengatur urusan (makhluk-Nya), dan menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), agar kamu yakin akan pertemuan dengan tuhanmu. (QS. Ar-Ra’d: 2)

4. Ada juga dalil pada Al-Qur’an surah Al-Hadid ayat 4 berikut

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari dalamnya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Hadid: 4)

Di dalam surat Al-Hadid ayat 4 ini memang sudah tegas di dalamnya menerangkan bahwa Allah menerangkan "Dia bersemayam di atas ‘Arasy". Namun, di dalam ayat tersebut juga terdapat arti “ Dan Dia Bersama kamu di mana saja kamu berada”.

Tetapi yang dimaksud dengan kebersamaan tersebut adalah ilmu Allah. Yaitu Allah Maha mengetahui yang ghoib dan yang nampak. Ilmu Allah meliputi segala sesuatu yang nampak dan yang tersembunyi.

Dan beberapa dalil Al-Quran yang lain yang lain berikut ini
QS. As Sajdah ayat 4
QS. Al Furqaan ayat 59
QS. Yunus ayat 3
QS. Al Hadiid ayat 4

Berdasarkan Al-Qur’an pada surah Al-Mu’min ayat 7 juga menjelaskan bahwa Arasy’ dipikul oleh malaikat.

(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka. (QS. Al-Mu’min: 7)

Selain itu ada juga dalil yang menjelaskan bahwa Arasy’ itu agung. Dalilnya tersebut adalah Al-Qur’an pada surat An-Naml:26 berikut ini :

Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Tuhan yang mempunyai 'Arasy yang agung.” (QS. An-Naml: 26)

Meskipun demikian kita selaku umat islam yang beriman ada baiknya kita jangan membayangkan bagaimana bentuk Allah, pasalnya kita sebagai manusia hanya memiliki akal yang terbatas.

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, Dan Dia yang Maha Mendengar dan Melihat.” (QS. Asy Syura: 11)

Adapun Dalil Tentang Kebenaran Al-Qur'an adalah berikut ini

Sungguh, Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al-Qur'an) dengan membawa kebenaran untuk manusia; barang siapa mendapat petunjuk maka (petunjuk itu) untuk dirinya sendiri, dan siapa yang sesat maka sesungguhnya kesesatan itu untuk dirinya sendiri, dan engkau bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka. (QS. Az-Zumar: 41)

Hanya itu saja informasi yang kami dapatkan dari Al-Qur’an, Informasi selebihnya Wallahu a’lam

Di nukil dari :
- Terjemah Al-Qur’an dari penerbit Sabiq
- Untuk Info lebih lanjut dan lengkap anda bisa kunjungi disini Di Manakah Allah (4), Empat Imam Madzhab Sepakat Bahwa Allah Berada di Atas Langit

Disqus Comments