Sering Lapar, Inilah Penyebabnya

images by pixabay.com
Lapar


Sering Lapar, Inilah Penyebabnya - Sering sekali rasa lapar selalu datang di waktu yang tak terduga, Padahal di waktu sebelumnya anda sudah makan dalam porsi yang cukup besar. Namun, yang jadi pertanyaan adalah, kenapa rasa lapar tersebut selalu saja datang ?

Rasa lapar yang demikian itu memanglah wajar terjadi pada manusia, terlebih lagi jika kita belum sarapan saat sebelumnya. Tapi, di sisi sebaliknya jika rasa lapar selalu menghampiri padahal sebelumnya sudah sarapan ataupun makan besar, hal inilah yang patut untuk dipertanyakan.

Meskipun demikian, sebenarnya ada beberapa alasan yang memicu terjadinya rasa lapar tersebut yang antara lain adalah berikut ini

1. Sedikitnya Mengonsumsi Protein

Selain membantu pertumbuhan tubuh protein juga berguna untuk mengontrol nafsu makan anda, dan oleh sebab itu hendaklah anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dengan cukup. Namun, jika anda kurang mendapatkan asupan protein yang cukup, maka anda akan selalu merasa lapar.

2. Berlebihan Mengonsumsi Gula

Ternyata jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsi gula akan memicu terjadinya rasa lapar, hal ini disebabkan karena gula dapat mengganggu rasa lapar alami. Nah, jika anda terus berlebihan dalam mengonsumsi gula maka rasa lapar tersebut pun akan menghampiri anda.

3. Stres

Jika seseorang dalam kondisi stres, maka biasanya “Stres” tersebut akan memicu hawa nafsu makan menjadi naik. Penyebabnya yaitu karena hormon kortisol yang di produksi saat stres biasanya akan berlebih, sehingga biasanya akan memicu diri untuk mengonsumsi gula dengan berlebihan, sehingga dirinya pun akan merasa selalu lapar.

4. Saat PMS

Menurut hasil penelitian yang menunjukkan bahwa estrogen, akan menjadi peran utama dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme tubuh. Nah, Ketika pms (Pre Menstrual Syndrome) inilah kadar estrogen akan menurun dan justru akan mengakibatkan anda sering merasa lapar.

5. Merasa Bosan

Perasaan bosan juga dapat memengaruhi nafsu makan anda, hal ini karenakan peneliti dari Flinders University di Australia menemukan hasil bahwa kebosanan dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon