Inilah 7 Ciri Beras Plastik Yang Harus Diwaspadai

images by pixabay.com
Beras
Nasi sejatinya berasal dari tanaman padi yang diproses hingga menjadi butiran beras. Tetapi, baru-baru ini ada adanya dugaan yang mengatakan bahwa nasi yang berasal beras sintetis atau palsu.

Beras sintetis ini diklaim oleh masyarakat sebagai beras yang berasal dari bahan plastik yang berasal dari China. Nah, jika beras sintetis (plastik) ini sampai kita konsumsi maka tentunya akan membawa dampak negatif pada kesehatan diri dan keluarga anda.

Walaupun ini masih dugaan, tetapi tentunya kita wajib berhati-hati dalam hal membeli beras. Karena hal ini juga menyangkut kesehatan dan keselamatan keluarga anda.

Nah, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita mengenali beberapa ciri-ciri beras sintetis atau pun beras plastik :

1. Mengapung (mengambang)

Jika pada saat Beras plastik dimasukkan kedalam air maka beras tersebut akan mengapung di atasnya, hal ini disebabkan karena didalam butiran beras palsu itu terdapat ruang kosong didalamnya sehingga beras plastik tersebut pun menjadi mengapung jika dicelupkan ke air.

Namun, terkadang ada juga beras plastik yang tidak memiliki ruang didalamnya, jadi sebaiknya kita harus teliti didalam memilih-nya.

2. Berwarna Putih Bening

Beras Plastik memiliki warna putih bening di keseluruhan butiran-nya, sedangkan beras yang asli memiliki warna yang putih namun di tengah-tengahnya terkadang terdapat bercak berwarna putih susu.

3. Jika Dimasak Mengeluarkan Air

Apabila pada saat dimasak, Beras banyak mengeluarkan air, maka anda patut waspada karena bisa jadi beras tersebut adalah beras sintetis (plastik). Sedangkan jika beras yang asli, maka jika dimasak justru akan meresapi air sehingga beras asli tersebut akan terasa lembut.

4. Saat Dimasak Warnanya Berubah

Jika itu benar-benar beras plastik maka pada saat dimasak warnanya akan berubah menjadi agak sedikit kecoklatan,

5. Tekstur Beras

Jika dilihat dari teksturnya antara beras plastik dengan beras asli memiliki beberapa perbedaan, jika beras palsu teksturnya akan lebih lembut dan licin, sedangkan  beras yang asli maka teksturnya cenderung lebih kasar.

7. Rasa

Jika itu Beras yang berasal dari plastik maka rasanya akan terasa hambar & dan tawar sedangkan beras yang asli memiliki rasa yang manis yang disebabkan oleh kandungan glukosa pada nasi tersebut.

Itulah beberapa tips untuk mengenali Ciri-Ciri Beras Plastik, semoga dapat bermanfaat bagi berguna dan bermanfaat.

You might also like

1 Comments:

Nice post gan, infonya membantu sekali, terimakasih telah menolong kami lewat artikel ini..
https://caraalamimemutihkankulit25.wordpress.com/2015/06/01/cara-alami-memutihkan-kulit/


EmoticonEmoticon