7 Manfaat Utama pepohonan bagi kehidupan

images by Pixabay
Pohon
7  Manfaat Utama pepohonan bagi kehidupan

Di bumi ini pepohonan semakin lama semakin sedikit hal ini biasa terjadi karena akibat penebangan pohon di hutan secara sembarangan. Biasanya pohon ditebang untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat bangunan, kursi atau perkakas lainnya.

Tetapi tahukah anda bahwa bukan hanya itu saja fungsi pepohonan bagi kita. Sebenarnya pepohonan memiliki banyak sekali fungsi yang tersembunyi diantara salah satu fungsinya yaitu :

1. Penghasil Oksigen

Pepohonan sendiri memproduksi oksigen pada waktu malam hari. Oksigen juga sangat di butuhkan manusia untuk bernafas. Sebenarnya Oksigen juga di butuhkan oleh Hewan, dan Termasuk juga pepohonan itu sendiri.

2. Produksi Buah/Makanan

Buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena buah-buahan banyak mengandung berbagai
macam Vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Tempat Berteduh

Jika kita sedang lelah tak ada salahnya jika kita berteduh di bawah pepohonan yang rindang apalagi jika pohon tersebut sedang berbuah. Namun, perhatikan dahulu pohon yang aman dan jangan sampai nantinya ketimpahan buahnya.

4. Cadangan Air

Pada saat musim kemarau pepohonan biasanya menyimpan banyak cadangan air di daerah akarnya hal ini dikarenakan pohon tersebut akan menggunakannya sebagai cadangan makanannya kelak. Jadi kemungkinan besar di daerah yang banyak pepohonan maka akan mempunyai cadangan air yang banyak pula.

5. Filter udara

Pernahkah anda melihat daun yang memiliki kotoran hitam, kalau ia mungkin di daerah anda udaranya sangatlah tercemar hal ini dikarenakan daun yang mempunyai kotoran hitam tersebut adalah hasil kotoran dari udara yang di saring sehingga udaranya pun akan bersih dan segar kembali.

6. Penahan Tanah

Pepohonan memiliki akar yang berfungsi sebagai penahan dan memperkuat tanah agar tidak hancur. Akan tetapi jika di suatu daerah tidak mempunyai pepohonan maka akan berakibat bencana yang fatal salah satu contohnya adalah bencana tanah longsor.

7. Keindahan

Selain sebagai penahan tanah pepohonan juga memiliki aspek keindahan. Keindahan pohon ini bisa kita lihat dari tempat yang tinggi contohnya saja Bukit atau yang lainnya.
Karena pepohonan memiliki banyak sekali fungsi.  Maka, kita sebagai manusia seharusnya harus saling menjaga dan melestarikan pepohonan tersebut agar nantinya kita dan anak cucu kita tetap dapat menikmati manfaatnya nanti.

"Siapa yang menanam maka ia yang akan memetik"

Click to comment