10 Hal yang dapat merusak ginjal

image by www.urologyhealth.org

10 Hal yang dapat merusak ginjal

Kesehatan memang lah harus lebih diperhatikan secara rutin dan teratur . Terutama kesehatan Ginjal  anda, kenapa harus ginjal?

Karena ginjal berfungsi sebagai penyaring darah kita dari kotoran yang kita hasilkan. Contohnya kita minum lalu minuman tersebut bercampur dengan darah lalu disaring oleh ginjal selanjutnya kotoran yang tadi disaring akan dibuang. Kotoran yang dibuang berupa Air seni (Air Kencing).

Nah, bagaimana jika ginjal manusia rusak? Apa akibatnya !!!
Akibatnya adalah adalah anda bisa saja terkena penyakit berbahaya yang mengakibatkan ginjal anda rusak dan dicangkok. Bayangkan jika ginjal kita rusak, terus siapa lagi yang menyaring kotoran tersebut ?

Biasanya Orang yang ginjalnya rusak maka mereka akan Cuci Darah, Hah cuci darah!!!
Jangan dipikirkan Darah anda dicuci dengan Air, akan tetapi Cuci Darah yang dimaksud adalah membersihkan darah dari kotoran darah yang tubuh keluarkan di rumah sakit.

Hal tersebut memanglah bukanlah hal yang mudah apalagi biaya cuci darah itu sekitar ratusan ribu hingga  jutaan Rupiah per 1 x Cuci Darah. Cuci darah harus dilakukan secara rutin kira kira dalam waktu Seminggu bisa sampai 2 – 3 x (tergantung komplikasi).

Nah, anda pasti tidak mau kan , terkena penyakit ginjal apalagi jika ginjalnya sampai rusak !
Saya rasa anda memilih sehat dari pada sakit  ya kan ?

Jika anda ingin menjaga kesehatan ginjal anda ada baiknya anda menghindari kebiasaan buruk yang saya rangkum dibawah ini :

1. Kurang Minum

Kurang Minum merupakan poin pertama karena kebiasaan ini saya rasa merupakan kebiasaan yang sering dilakukan. Minum Air putih dapat menghilangkan kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh, Nah, jika anda kurang minum maka anda kotoran dan racun yang ada didalam tubuh anda tidak akan keluar, malah akan tertimbun dan merusak tubuh anda terutama ginjal. Dampak akibat kurang minum adalah terkena penyakit batu ginjal.

2. Berlebihan Meminum Soda

Minum soda terasa Enak dan Segar apalagi jika di siang hari, Namun meminum soda berlebihan akan membuat ginjal anda rusak apalagi jika anda mengonsumsinya setiap hari. Hal tersebut dikarenakan minuman bersoda memiliki kandungan asam fosfat yang tinggi. Penyakit ginjal yang dapat disebabkan karena hal ini adalah Penyakit Ginjal Kronis.

3. Merokok

Merokok sudah lazim dilakukan terutama dikalangkan Pria, Padahal merokok dapat membunuh dirinya sendiri hal itu diketahui ada tulisan “Morokok Dapat Membunuhmu” dikemasannya.
Merokok dapat menggangu sirkulasi darah ke organ tubuh terutamanya Ginjal, Jika hal ini terjadi maka ginjal anda bisa rusak dan menumpuknya kotoran racun dari rokok.

4. Malas Olahraga

Banyak orang yang sangat sibuk dengan pekerjaannya terutama orang yang bekerja di depan komputer, sehingga mereka lupa melakukan kegiatan penting untuk menjaga kebugaran tubuh yaitu olahraga. Olahraga sangat baik bagi kebugaran tubuh karena untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan Ginjal. Manfaat dari olahraga untuk ginjal adalah memperlancar sirkulasi atau perjalannan darah menuju orakan tubuh termasuk ginjal.

5. Berlebih Konsumsi Garam

Garam juga baik untuk kesehatan tubuh terutama mencegah penyakit gondok, akan tetapi jika anda berlebihan mengkonsumsi garam. Maka hal itu akan mengakibatkan ginjal sulit untuk membuangnya dan akibatnya kerja ginjal anda terasa berat.

6. Alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh selain dapat merusak kesehatan sel sel Otak akan tetapi Alkohol merupakan zat yang berbahaya yang juga dapat merusak Ginjal, Hati maupun Mata.

7. Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6 adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan merupakan vitamin yang memiliki peran penting dalam metabolisme sel yang ada didalam tubuh . Jika anda kekurangan vitamin B6 maka ginjal anda akan berisiko terkena penyakit Ginjal yang berbahaya. Beberapa makanan yang mengandung Vitamin B6 adalah Kacang Polong, beras merah, kentang maupun Hati sapi.

8. Kekurangan Mineral Magnesium

Mineral magnesium memiliki fungsi untuk menyerap Kalsium yang ada di tubuh manusia. Jika anda kekurangan Mineral jenis ini maka anda berisiko terkena penyakit batu ginjal, karena jika kalsium tidak diserap maka kalsium akan mengeras dan akhirnya jadilah batu Ginjal. Untuk menghindari penyakit batu ginjal ada baiknya anda mengkonsumsi makanan ini ; Buncis, biji bijian, kacang kacangan dan sayuran hijau.

9. Menahan Kencing

Pada saat anda hendak kencing biarkanlah air itu keluar dengan tuntas dan jangan anda menahan Air kencing anda, padahal saat itu anda memang sudah ingin mengeluarkan air kencing.
Jika anda sering menahan Air kencing maka kotoran air kencing akan mengendap didalam tubuh anda dan pada akhirnya sulit dikeluarkan karena menjadi keras. Hal ini juga dinamakan penyakit batu Ginjal.

10. Meminum Minuman Kotor

Meminum minuman haruslah bersih dan dimasak terlebih dahulu dikarenakan hal itu agar tibuh tidak terkena serangan penyakit dari air kotor tersebut. Jika anda sering meminum minuman kotor (tidak bersih) maka tinggalkanlah karena jika anda mengonsumsinya akan berakibat fatal. Hal ini karena air yang kotor mengandung kotoran seperti  kuman, daki, tanah, atau pasir. jika dikonsumsi maka Kotoran tersebut akan mengendap ditubuh dan mengeras dan jadilah batu ginjal.

“Kesehatan lebih penting dari pada Uang akan tetapi uang tersebut bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan”.   Jadi kesimpulannya adalah  Manfaatkan Kesehatanmu Dengan Sebaik Baiknya Usahamu

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati “  kesimpulannya Lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobatinya.
Terimakasih sampai jumpa lagi Bye

3 komentar

avatar

thanks infonya kk harus kurangi minum alkohol nih...

yang suka di dapur visit back ya
http://resep-terbaruku.blogspot.com/
terimakasih

Click to comment